Polres Karangasem Terima Penghargaan Pelayanan Publik Katagori Baik

  • Whatsapp
Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini SIK, MMTR didampingi Kasat Lantas dan Kasat Intelkam.

JAKARTA | patrolipost.com – Polres Karangasem berhasil meraih penghargaan Pelayanan Publik kategori Baik. Penghargaan diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Ball Room Hotel Holiday Inn, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Penilaian itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap 207 Polrestro, Polrestabes, Polresta dan Polres se-Indonesia tahun 2019. Penyerahan hasil penilaian tersebut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) dihadiri oleh para Kapolrestro, Kapoltabes, Kapolresta, Kapolres, kasat lantas, dan kasat intelkam se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan doa, serta pementasan tarian Nusantara. Selanjutnya laporan Deputy Pelayanan Publik Kemen-PANRB yang menyatakan bahwa tujuan kegiatan untuk evaluasi serta percontohan bagi pelayanan aparat pemerintah.

Pada kesempatan tersebut disampaikan sambutan Menteri Kemen PANRB Cahyo Kumolo yang intinya menyebutkan, institusi Polri merupakan aparat penegak hukum, namun juga melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Maka tugas Polri selain melindungi, mengayomi juga harus mampu memberikan pelayanan dengan cepat dan adil kepada masyarakat.

Menurut Men-PANRB, dalam rangka memberikan pelayananan kepada masyarakat, juga harus memperhatikan aspirasi masyarakat. Pelayanan publik harus mampu membaca keinginan masyarakat. Kuncinya adalah kepercayaan masyarakat, harus mengembangkan inovasi terhadap pengetahuan dan budaya, karena masih banyak polres-polres membawahi 2 kabupaten.

“Bentuk pelayan publik harus responsif dan berdaya saing serta menjaga hubungan tata kelola pemerintahan antar-lembaga. Saya menyampaikan apresiasi kepada para kapolres karena sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kendatipun sampai saat ini masih ada polres yang membawahi 2 kabupaten,” ujar Men-PANRB.

Kapolres Karangasem bersama Kapolresta dan 7 Kapolres jajaran Polda Bali mengikuti acara tersebut. Alhasil Polres Karangasem menerima Penghargaan Pelayanan Publik katagori Baik dari Menteri PAN-RB.

Atas capaian itu Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini SIK, MMTR menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Polres Karangasem yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Jajaran Polres Karangasem melaksanakan pelayanan publik dengan beberapa trobosan kreatif. Masyarakat yang memerlukan pelayanan Kepolisian, diantaranya pembuatan SIM, SKCK, Sidikjari, Percetakan BPKB, semua tersedia dalam satu atap,” ujar Kapolres.

Ditambahkan pula oleh Kapolres, disamping memberikan pelayan terpusat dan terpadu, Polres Karangasem juga memiliki program Tedun Banjar, dimana personel Polres datang ke banjar-banjar guna memberikan pelayan terbaik dan humanis kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tidak mesti datang langsung ke Polres Karangasem,” ungkapnya. (hms)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *