Sering Dijadikan Sayur, Ternyata Ini Manfaat Rebung untuk Kesehatan

manfaat rebung
Rebung baik untuk kesehatan (ist)

BORONG | patrolipost.com – Dimana ada rumpun bambu, pasti di sana ada rebung. Rebung tentu bukan sesuatu yang asing. Makanan yang kerap disebut bayi bambu ini sangat banyak di negara tropis seperti Indonesia.

Di beberapa tempat rebung adalah pilihan sayuran yang kaya rasa dan diolah dengan berbagai model dan jenis masakan.  Rebung selain cita rasanya yang bikin  nagih, kandungan nutrisi yang dimilikinya banyak manfaat bagi kesehatan.

Seorang ibu rumah tangga di Lambaleda Selatan menuturkan, dia sering menjadikan rebung sebagai sayuran, biasanya dicampur dengan daun-daun tertentu untuk menambah cita rasanya.

“Rebung atau dalam bahasa Manggarai disebut Lebong bisa diolah dengan beberapa cara. Bisa direbus, ditumis dan dibuatkan lawar. Rasanya pasti enak,” ungkap ibu tersebut.

Rebung adalah adalah tunas bambu muda dari spesies Phyllostachys edulis atau Bambusa vulgaris atau rebung bambu kuning yang bisa dikonsumsi.

Dilansir dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat rebung:

Pertama, membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Rebung menjadi sumber serat yang baik, rebung bisa membantu Anda menjaga kesehatan pencernaan. Adanya efek prebiotik dan serat yang kaya membuatnya memberikan manfaat ini.

Kedua, menurunkan kadar kolesterol jahat.

Konsumsi juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jelas, hal ini bisa membantu mencegah adanya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Ketiga, menjaga berat badan ideal

Rebung termasuk makanan rendah kalori dan rendah lemak sehingga dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Keempat, meningkatkan daya tahan tubuh

Rebung juga termasuk sumber makanan yang baik untuk imunitas. Ini berkat kandungan protein, antioksidan, dan vitamin serta mineral yang ada di dalamnya.

Kelima, mencegah penyakit kardiovaskular

Konsumsi rebung dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah adanya penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah, artinya juga bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Rebung termasuk makanan sehat yang mudah didapatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika rebung selalu dikonsumsi. Tinggal memasaknya dengan berbagai cara maka rebung akan menjadi olahan yang enak. (pp04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.