Rem Blong, Truk Bermuatan Minuman Terguling di Tikungan Brina

Truk sarat muatan minuman kemasan terguling di Kecamatan Kubu, Karangasem.

AMLAPURA | patrolipost.com – Diduga mengalami rem blong, sebuah truk bermuatan minuman dalam kemasan terguling di jalur tengkorak, Tikungan Brina, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (12/11). berdasarkan informasi yang dihimpun, truk terguling sekitar pukul 11.45 Wita. Saat itu truk bernomor polisi DK 9445 WP yang dikemudikan Sukadi (62) warga asal Malang, Jawa Timur ini melaju lamban dari arah Amlapura menuju Singaraja.

Saat menuruni jalan berkelok di jalur Brina, Kecamatan Abang, entah mengapa saat melewati turunan tajam di tikungan terakhir, tiba-tiba truk hilang kendali dan langsung terguling di sisi kanan jalan. Truk bermuatan penuh ratusan krat minuman botol kaca dan minuman dalam kemasan botol plastik tersebut nyaris terguling dengan posisi bak miring ke kanan.

Bacaan Lainnya

Sebagian besar muatan terlempar ke tengah sawah yang berada di bawah sisi jalan sedalam delapan meter. Sebagian botol minuman pecah, sementara sisa muatan lainnya masih bisa diselamatkan karena tidak jatuh ke sawah.

Beberapa warga dan pemakai jalan yang melihat kejadian tersebut, langsung berupaya keras menolong sopir truk keluar dari ruang kemudi kendaraan, mengingat sopir truk tersebut usianya sudah lanjut. Beruntung sopir truk naas ini berhasil selamat dan hanya mengalami luka lecet ringan.

Kejadian ini sempat membuat kemacetan panjang di jalur utama Karangasem-Singaraja ini, sampai akhirnya anggota kepolisian dari Polsek Abang tiba untuk mengatur arus lalulintas guna mengurai kemacetan.

Sopir truk, Sukadi menuturkan, truk yang dikemudikannya sarat muatan minuman dalam kemasan. “Saya berangkat dari Gianyar tadi pagi untuk mengirim minuman ini ke Singaraja. Nah saat mulai masuk ke jalur Brina ini saya sudah merasakan ada yang kurang beres dari truk yang saya kemudikan ini,” ungkapnya.

Diakuinya saat itu rem truknya mulai bermasalah dan sedikit blong. Dan benar saja saat melintasi turunan di tikungan terakhir yang cukup tajam tersebut, rem truknya blong. “Saya saat itu mau nyari tempat berhenti yang aman agar tidak mengganggu kendaraan lain yang melintas, karena rem truk saya ini sudah blong,” sebutnya.

Namun sayangnya belum sempat berhenti, truk yang dikemudikannya itu sudah benar-benar tidak bisa dikendalikan dan langsung terguling akibat kehilangan kendali saat melintas di tikungan menekuk tersebut.

“Saya tidak mengalami luka. Untungnya saat kejadian itu tidak ada kendaraan atau mobil dari arah depan,” ucapnya.

Beberapa jam setelah kejadian tersebut, datang dua mobil derek dan satu mobil truk boks besar untuk mengangkut muatan truk naas tersebut, dan sekitar pukul 17.00 Wita, truk tersebut sudah berhasil dievakuasi menggunakan dua mobil derek. (004)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.