Penumpang dan Crew Viking Sun Diperbolehkan Turun, Wagub Cok Ace : Telah Penuhi Persyaratan Pemerintah Pusat

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati

DENPASAR | patrolipost.com – Terkait penumpang kapal pesiar Viking Sun yang diperbolehkan turun di Pelabuhan Benoa dan melakukan kunjungan wisata di beberapa tempat,   Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat ditemui di Denpasar, Senin (9/3) mengatakan, hal ini telah sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia maupun pemerintah pusat.

“Sorenya (Sabtu 7 Maret 2020) awalnya saya bilang ditunda dulu Kapal Pesiar Viking Sun bersandar (di Pelabuhan Benoa) sebelum memenuhi peryaratan yang disyaratkan WHO ataupun persyaratan dari pemerintah pusat terpenuhi. Astungkara malamnya persyaratan terpenuhi semua,” terang mantan Bupati Gianyar yang akrab disapa Cok Ace.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, yang paling penting bagi pemerintah adalah persyaratan 1.200 orang penumpang dan awak dalam kondisi sehat. “Atas dasar itulah kita memberikan Pemerintah Provinsi Bali mengizinkan untuk merapat dan sebagian penumpang ini yang harus mengejar pesawat kembali ke Amerika dan juga ada beberapa tenaga kerja atau crew-nya dari Bali,” jelasnya.

Cok Ace menegaskan bahwa pada prinsipnya, dari segi kesehatan penumpang dan crew Viking Sun sudah memenuhi syarat untuk turun di Bali (Pelabuhan Benoa). “Memang ada dari mereka ke Pasar Badung. Nanti malam (penumpang Viking Sun) sudah berangkat semua. Kita tidak melihat benefit secara materi tapi Bali ke depan,” tegasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Walikota Denpasar dan Gubernur Bali sepakat terkait penundaan kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun di Benoa. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melakukan pengetatan dan pembatasan terhadap kapal pesiar masuk Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya virus Corona di 43 pelabuhan yang dikelola PT Pelindo III (Persero).

Pelabuhan Benoa merupakan salah satu yang memperoleh penanganan khusus. Hal itu lantaran Pelabuhan Benoa selama ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan kapal pesiar. Beberapa strategi yang dilakukan adalah pengecekan awal di dalam kapal pesiar, dan proses thermo scanning di terminal kedatangan. (811)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.