Mohon Kerahayuan Banjar Kertapura Melaksanakan Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan

Prosesi Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan di Pura Kertalingga Kesiman, Sabtu (25/1/2020).

 

 

DENPASAR | patrolipost.com – Pertama kalinya warga yang ada di Banjar Kertapura Kesiman Denpasar pada Rahina Saniscara Kliwon Wuku Wariga melaksanakan Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan di Pura Kertalingga Kesiman, Sabtu (25/1/2020).

Selain Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana, Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan pada hari yang baik ini juga berlangsung Piodalan dan Pewintenan Saraswati. Menurutnya Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan semestinya berlangsung setiap 30 tahun sekali, begitu diungkapkan Ketua Panitia I Wayan Muka Udiana.

Banjar yang berdiri pada 1978 dengan jumlah kepala keluarganya awalnya hanya 15KK, belum pernah mengadakan upacara seperti ini. Bahkan, prosesi yang pernah hanya sebatas Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan.

“Sekarang jumlah warga kami sudah 215 KK yang berasal dari berbagai daerah di Bali maka sesuai dengan kesepatakan dan swadaya kami melaksanakan karya ini,” ucap Wayan Muka Udiana.

Menurutnya, rangkaian upacara telah berlangsung dari tanggal 22 Januari diawali dengan Upacara Rsigana dan Mendem Pedagingan dan untuk pecaruan menggunakan Panca Sanak. Sementara, untuk hari ini upacaranya adalah Pedudusan Alit dan Pujawali yang dipuput Ida Pedanda Lingsir Dari Gerya Bona Gianyar.

“Dengan berlangsungnya acara ini kami harapkan semua warga mendapatkan kerahayuan ring Ida Sang Yang Widhi Wasa,” harapnya.

Istimewanya, acara Karya Ngenteg Linggih Ngrsigana Pedudusan Alit Lan Mupuk Pedagingan di Pura Kertalingga Kesiman ini dihari langsung Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.

Terlaksannya karya ini, Wakil Wali Kota Jaya Negara atas nama Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi kepada warga Banjar Kertapura Kesiman, karena telah melaksanakan swadarma yakni dharmaning agama dan dharmaning negara. Menurutnya, Dharmaning Agama telah melaksanakan Karya Pedudusan Alit sebagai wujud bhakti kepada Ida Ratu Bagawan Penyerikan.

Dengan melaksanakan karya ini, Jaya Negara meyakini dampak di dalam Dharmaning Negara tentunya lingkungan berjalan kondusif, masyarakat akan tenang maka pemerintahan pun akan berjalan dengan lancar.

“Semua itu sangat keterkaitan maka dari itu atas nama Pemkot Denpasar saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada warga Banjar Kertapura,” tutup Jaya Negara. (473)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.