“Table Top Jogja Day 2019” Tingkatkan “Length of Stay” Wisatawan

Foto bersama peserta "Table Top Jogja Day 2019" di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Selasa (10/12/2019).

KUTA | patrolipost.com – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten Badung menggelar “Table Top Jogja Day 2019” di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Selasa (10/12/2019). Melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di kedua daerah tersebut.

“Kerja sama ini didasari oleh tingginya kunjungan pariwisata di Kabupaten Badung. “Length of stay” kami masih ada di dua hari, sementara Kabupaten Badung sudah enam hari, ini luar biasa. Kami harus banyak belajar dari Kabupaten Badung,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yetti Martanti di sela acara yang diikuti 31 Seller dari Kota Yogyakarta dan 60 Buyer dari Kabupaten Badung.

Bacaan Lainnya

Saat ini katanya, Kota Yogyakarta memiliki banyak keunggulan produk wisata, khususnya budaya, seperti Keraton Yogyakarta, Malioboro serta sejumlah pasar tradisional. “Kami ingin mempopulerkan Keraton Yogyakarta tak hanya dari aspek fisiknya saja, namun juga cerita di balik itu, story telling-nya. Termasuk memotivasi wisatawan agar mengunjungi cagar budaya yang sedang dikembangkan di Kotabaru yang mengusung konsep Indies,” kata Yetti Martanti.

Tahun ini pihaknya menargetkan kunjungan 4,5 juta wisatawan, lebih tinggi dari realisasi tahun lalu sebesar 4,1 juta wisatawan yang didominasi oleh wisatawan domestik. “Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarya selama ini hanya sebesar 10 persennya atau sekitar 400 ribu. Inilah yang memotivasi kami untuk bisa bekerja sama dengan Kabupaten Badung,” jelas Yetti Martanti.

Terkait kegiatan ini, Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Ngakan Putu Tri Ariawan mengapresiasi kerja sama tersebut. Menurutnya, Kabupaten Badung dan Kota Yogyakarta memiliki kesamaan di bidang pariwisata, yakni sama-sama menonjolkan budaya.

Dengan pendekatan budaya ini, Kabupaten Badung mampu menyerap 5,6 juta wisatawan mancanegara dari target 6 juta wisatawan per tahun ini. “Kami optimis pada sisa waktu satu bulan ini, target tersebut bisa tercapai. Karena, biasanya di bulan ini (Desember, red) bakal banyak kedatangan wisatawan ke Bali. Sementara target kunjungan wisatawan domestik sebesar 10 juta wisatawan sudah tercapai,” katanya.

Kerja sama juga dilakukan antara Paguyuban Dimas Diajeng Kota Yogyakarta dan Semeton Jegeg Bagus Badung. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua ASITA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sudhiyanto, Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta Fito Eka Laksmana, dan Ketua ASITA Ketut Ardana. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.