Bupati Bangli Sedana Arta: Pelestarian Anjing Kintamani Akan Digarap Serius

kontes anjing
Suasana kontes Anjing Kintamani bertempat di Alun-alun Bangli, Minggu (8/5/2022)

BANGLI | patrolipost.com – Melihat potensi yang menjanjikan, maka pelestarian Anjing Kintamani di Bangli akan digarap serius. Banyak anjing Kintamani dikirim ke luar negeri, namun justru dari penangkaran dari luar Bali. Hal tersebut disampaikan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta saat membuka kontes Anjing Kintamani yang berlangsung di Alun-alun Bangli, Minggu (8/5/2022).

Bupati Sedana Arta mengatakan, serangkaian HUT ke-818 Bangli diselenggarakan Kontes Anjing Kintamani. Lewat kegiatan ini pihaknya berharap dapat menggugah masyarakat khususnya para penggemar Anjing Kintamani  agar lebih menyayangi Anjing Kintamani. Seperti halnya menyayangi anjing ras lainnya.

Bacaan Lainnya

“Anjing Kintamani jika dipelihara dengan perawatan yang baik akan mampu menunjukkan intelegensi dan penampilan yang tidak kalah dengan anjing ras lainnya,” ujar bupati dari PDI-P ini.

Kata Sedana Arta, pemerintah kabupaten Bangli akan memberikan dukungan dan support terkait dengan pengembangan dan pelestarian Anjing Kintamani ini.

Mantan anggota DPRD Bali ini  menjelaskan sejatinya Pemkab Bangli telah miliki payung hukum dalam bentuk  Perda Nomor 04 tahun 2015 tentang perubahan atas Perda Nomor 02 Tahun 2010 tentang kawasan pelestarian Anjing Kintamani Bali. Dimana Perda Nomor 04 Tahun 2015 adanya pengakuan terhadap 3 jenis warna dan campurannya pada Anjing Kintamani yaitu warna putih, hitam dan anggrek serta pengembangan kawasan pelestarian menjadi Desa Sukawana, Siakin dan Pinggan.

Kata Bupati Sedana Arta, sesuai informasi Perkin Bali, untuk masyarakat luar Bali bisa menjual anjing Kintamani ke luar negeri  dengan harga puluhan juta rupiah. Sementara masyarakat Bangli saat ini baru bisa menjual  Anjing KIantamani dengan harga Rp 2,5 juta higga Rp 5 juta.

“Anjing Kintamani diekspor ke Belanda, Belgia. Tapi justru dari penangkaran di luar Bangli dan Bali. Permintaan Anjing Kintamani terbilang banyak tentu ini potensi yang besar,” sebutnya.

Melihat potensi besar tersebut, pihaknya terus akan mendorong masyarakat Kintamani khsususnya di tiga desa untuk membuat breeder-breeder baru. Kemudian upaya atau langkah yang akan dilakukan pemerintah daerah seperti memperbanyak pameran nasional dan internasional. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Gubernur serta kementerian terkait upaya tersebut.

“Pemerintah daerah mendukung infrastruktur untuk pengembangan Anjing Kintamani,” ujarnya.

Berkaitan dengan lomba anjing Kintamani, jelasnya, kali ini paling besar. Dimana, puluhan anjing Kintamani ikut dalam lomba. “Melalui Kontes Anjing Kintamani Bali, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangli,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli I Made Alit Parwata menyebutkan keberadaan Anjing Kintamani merupakan salah satu unsur Biodeversity yang menjadi salah satu pendukung dari Batur Unesco Global Geopark Network. Trah Anjing Kintamani juga telah mendapat pengakuan sebagai Anjing Ras Dunia dari Federation Cynecologue Internasional (FCI) yaitu organisasi anjing trah seluruh dunia yang bermaskas di Thuin Belgia. Dengan demikian, maka Anjing Kintamani sudah bisa disejajarkan dengan trah anjing yang lain, seperti Buldog, Pitbull, Shithzui, Siberian Husky, Dalmention, Cihuahua dan lain-lain.

“Kontes kali ini, merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah terhadap pelestarian Anjing Kintamani,” ungkapnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.