Ribuan Ulat Bulu Serang Tanaman di Banjar Blanjong Desa Sanur Kauh Denpasar

ulat bulu
Ulat bulu menyerang tanaman di Jalan Sudamala, Banjar Blanjong, Desa Sanur Kauh Denpasar Selatan. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Ribuan hama ulat bulu menyerang pepohonan di Jalan Sudamala, Banjar Blanjong, Desa Sanur Kauh Denpasar Selatan, Kamis (5/5/2022). Sehingga tim pengendalian hama ulat bulu Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar gerak cepat melakukan penyisiran dan penyemprotan bahan kimia  pestisida darmabas di area pepohonan yang terkena serangan ulat bulu.

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar AA Gde Bayu Brahmasta mengatakan Distan Kota Denpasar secara sigap dan cepat akan menanggapi keluhan masyarakat. Terlebih terkait dengan serbuan hama ulat bulu tersebut.

Bacaan Lainnya

“Respon nyata itu diwujudkan melalui kegiatan pengendalian ulat bulu kemarin, oleh tim Distan Kota Denpasar,” ujar AA Gde Bayu Brahmasta saat dikonfirmasi, Jumat (6/5/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, Tim pengendalian hama ulat bulu yang terdiri dari petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (PPOT), Brigade Pengendali Hama dan Penyakit, serta aparat dari wilayah setempat.

“Kami merespon cepat laporan warga. Dan untuk lokasi lain, jika masyarakat memiliki laporan perihal serangan ulat bulu ini bisa segera melapor ke Distan. Agar segera kami bisa lakukan pengendalian,”  terangnya.

AA Gde Bayu mengungkapkan perihal obat yang digunakan dalam giat pengendalian, pihaknya menggunakan bahan kimia  pestisida Darmabas dalam hand spryer dengan dosis 2-3 per liter air.

“Teknisnya adalah dengan cara menyemprot tanaman yang terserang. Sedangkan untuk sawah kita gunakan yang bahan nabati non kimia,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.