Penumpang Meningkat, Polisi Razia Kapal Over Kapasitas Sanur-Nusa Penida

pelabuhan sanur
Personel gabungan melakukan pengecekan ke dalam kapal yang akan berlayar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan keselamatan terkait adanya liburan panjang hari raya Idul Fitri 1443 H, pengamanan di dermaga kapal penyeberangan Pantai Sanur – Nusa Penida diperketat. Anggota Polresta Denpasar melakukan pemantauan dan pengawasan pada objek – objek vital dan pariwisata di Pantai Sanur, Rabu (4/5/2022).

Kasat Polairud Polresta Denpasar Kompol AA Gede Rai Darmayasa mengatakan, pemantauan dan pengawasan kegiatan wisatawan di dermaga penyeberangan dari Pantai Sanur ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan masih terlihat ramai. Petugas Satpolairud berkolaborasi dengan petugas Syahbandar wilayah Sanur, Dishub dan instansi terkait lainnya melakukan pengamanan dan pengecekan.

Bacaan Lainnya

“Kami langsung naik ke kapal untuk menghitung jumlah penumpang dalam kapal. Selain itu, kami juga memeriksa kelengkapan kapal, seperti jaket keselamatan, pelampung dan kelayakan kapal,” ungkapnya.

Dikatakan Darmayasa, pengecekan dilakukan untuk memastikan kapal yang mengangkut penumpang memiliki kelayakan untuk berlayar, memperhatikan keselamatan penumpang kapal dan tidak ada over kapasitas sehingga tidak membahayakan penumpang. Ada 7 kapal yang diperiksa petugas gabungan. Namun 4 kapal yang ditegur karena menaikan penumpang yang melebihi kapasitas sehingga diminta untuk menurunkan penumpang untuk dipindahkan ke kapal yang lain.

Ke depannya akan diberikan tindakan tegas kepada pihak pengelola dan nakhoda yang tidak mengindahkan faktor keselamatan dan keamanan yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas. “Jika ke depannya didapati hal itu (over kapasitas – red) lagi, kapal tersebut tidak akan diperkenankan berangkat. Kalau kapasitas penumpang tidak disesuikan, kami akan tindak tegas pengelola dan nakhoda,” ujarnya.

Menurutnya, keselamatan para penumpang yang kami utamakan dan menjadi prioritas, sehingga para wisatawan dapat merasakan kenyamanan dan Keamanan. Juga mencegah terjadi hal yang membahayakan selama menyeberang.

“Memang kunjungan wisatawan meningkat. Kami di sini bersama Polsek Densel siagakan personel di sepanjang Pantai Sanur,” paparnya.

Meningkatnya kunjungan wisata ke Nusa Penida, pihaknya juga menyampaikan imbauan Kamtibmas serta kepatuhan Protokol Kesehatan. Kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tahun ini mengalami peningkatan yang menggunakan jasa penyeberangan Pantai Sanur menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

“Selama libur Lebaran ini, personel terus disiagakan di seputaran pantai dan loket pembelian tiket, serta kantong-kantong parkir untuk imbauan ketaatan Prokes,” pungkasnya. (007)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.