Mainkan Game Lokal Battle of Satria Dewa, KSP Moeldoko Buka Babak Final Piala Presiden Esports

2021 12 17 14 26 42 234
2021 12 17 14 26 42 234

Grand Final Piala Presiden Esports 2021.

 

Bacaan Lainnya

BADUNG | patrolipost.com – Pertandingan babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 resmi dimulai. Lebih dari 200 atlet esports dari tujuh cabang game yang dipertandingkan saling adu kuat memperebutkan trofi juara serta total prize pool sebesar Rp 2 miliar. Kepala Staf Kepresidenan KSP Jenderal TNI (Purn) Moeldoko membuka acara yang berlangsung di Mangupura Hall – The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (17/12/2021).

Dalam sambutannya, Moeldoko mengapresiasi penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 yang dianggapnya jauh lebih siap dan pelaksanaannya semakin baik. Maka dari itu, pemerintah terus komitmen untuk mendukung penuh penyelenggaraan Piala Presiden Esports untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Piala Presiden Esports 2021 pelaksanaannya semakin baik, semuanya mendukung karena banyak kementerian yang turut andil. Ketika dulu masih perdana di tahun 2019, perjuangannya tidak mudah, tapi Bapak Presiden Jokowi bilang ‘jalankan’ dan dia restui, sebab esports adalah ajang kompetitif yang membangun jiwa dan karakter anak muda Indonesia,” ujar Moeldoko.

Ada peristiwa menarik dalam seremoni pembukaan babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021. Setelah memberikan sambutan, Moeldoko langsung menjajal bertanding memainkan salah satu game lokal asli Indonesia yang, yakni Battle of Satria Dewa. Dalam fun match ini, Moeldoko tergabung dalam tim “Tangguh” bersama Rangga Danu Prasetyo selaku Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 dan Komjen (Po)l Bambang Sunarwibowo selaku Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI). Mereka melawan Team Caster yang terdiri dari para caster di Piala Presiden Esports 2021.

Meski kemudian timnya akhirnya kalah, Moeldoko merasa puas sempat menjajal permainan Battle of Satria Dewa. Mantan Panglima TNI kemudian lapang dada mengakui keunggulan lawannya di arena esports. Menurutnya, bermain game mengingatkannya dengan dunia militer yang membutuhkan strategi matang dalam berperang. “Kalah menang itu urusan nanti, yang penting berani,” ujarnya.

Moeldoko sendiri merasa gembira dengan antusiasme para atlet esports yang berpartisipasi di Piala Presiden Esports 2021. “Kalian boleh bangga, tapi jangan berpuas diri. Jaga sportivitas dan jiwa kompetitif kalian agar bisa bersaing di tingkat global. Jangan takut bermimpi, pemerintah akan terus mendukung kalian sampai jadi juara dunia,” pesan Moeldoko kepada para atlet.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo mengungkapkan bahwa antusiasme terhadap gelaran ini terus meningkat dari awal penyelenggaraannya pada bulan Oktober hingga Main Event. Lanjutnya, gelaran yang mengusung slogan #BanggaEsportsIndonesia ini diyakini bisa mengembangkan ekosistem esports Indonesia lewat kompetisi sengit antara tim amatir dan profesional sehingga bisa menjaring talenta-talenta esports baru di Indonesia.

“Antusiasme penggemar esports terhadap Piala Presiden Esports 2021 terus meningkat dari awal penyelenggaraan hingga babak pamungkasnya. Kami yakin Piala Presiden Esports 2021 bisa mengembangkan ekosistem esports di Tanah Air dengan persaingan yang sangat ketat antara pemain profesional dan amatir,” jelas Rangga Danu.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komjen (Pol) Bambang Sunarwibowo juga menyatakan apresiasi dukungannya terhadap gelaran Piala Presiden Esports 2021. Menurutnya, event-event esports seperti Piala Presiden Esports 2021 bisa menjaga ekosistem untuk terus berkembang hingga bisa membawa nama besar Indonesia ke kancah internasional.

“Kami akan terus berkolaborasi dan mengakomodasi seluruh ekosistem yang ada agar penyelenggaraan esports yang ada di Indonesia berlangsung dengan sehat serta membawa nama besar Indonesia ke kancah dunia. PBESI mengapresiasi dan mendukung seluruh penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 yang luar biasa, terutama dengan masuknya dua cabang game lokal, Battle of Satria Dewa dan Lokapala,” ujar dia.

Senada, Sekretaris Jenderal KONI Pusat Tubagus Ade Lukman turut menyatakan dukungan penuhnya terhadap gelaran Piala Presiden Esports 2021. Menurutnya, ini merupakan ajang yang tepat untuk mencari talenta-talenta esports berbakat dari seluruh penjuru Tanah Air agar Indonesia bisa berjaya di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia yang cukup banyak di tahun depan.

“KONI Pusat mendukung penuh penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 dan berharap acara seperti ini terus bisa digelar untuk menjaring bibit-bibit esports Tanah Air untuk bisa bersaing di kompetisi level dunia, terutama dengan banyaknya event-event esports Internasional seperti SEA Games 2021, Asian Games 2022, serta Kejuaraan Dunia Esports 2022 di Indonesia,” ungkap Ade Lukman.

Grand Final Piala Presiden Esports 2021 yang diselenggarakan di Bali juga dianggap mampu membangkitkan pariwisata Pulau Dewata lewat sports tourism. Kadisdikpora Provinsi Bali I Ketut Ngurah Boy Jayawibawa mengatakan bahwa gelaran ini seperti memunculkan denyut bagi pariwisata Bali yang terpuruk selama pandemi. Event ini juga dianggap dapat memotivasi anak muda di Bali untuk bisa berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

“Pemerintah Provinsi Bali berterima kasih dan mengapresiasi Piala Presiden Esports 2021 karena telah memilih Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan main event. Ini merupakan hal yang sangat membahagiakan mengingat Bali selama ini mengandalkan pariwisata yang sempat terpuruk di masa pandemi. Untuk itulah kami berharap Bali bisa terus menjadi tuan rumah penyelenggaraan event-event esports lewat sports tourism,” tandasnya.

Tentang Piala Presiden Esports
Piala Presiden Esports merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kantor Staf Presiden RI (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI), serta sepenuhnya dikelola secara profesional oleh instansi swasta, yang bernama PT GAJAH MERAH TERBANG. Kompetisi Piala Presiden Esports 2021 diselenggarakan untuk menemukan serta membina talenta-talenta baru di bidang esports agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Dihelat pada 9 Oktober (Kick Off) dan Grand Final diadakan pada 18-19 Desember 2021 di Bali. Piala Presiden Esports 2021 hadir dengan membawa kembali Mobile Legends: Bang-Bang. Game besutan Moonton ini merupakan cabang utama pada gelaran Piala Presiden Esports 2019 lalu. Melihat kesuksesan di tahun lalu, eFootball PES 2021 juga kembali dihadirkan dengan format kompetisi yang sama seperti sebelumnya, yakni sistem regional dan profesional.

Tidak hanya itu, PUBG Mobile yang merupakan genre Battle Royale ternama juga ikut hadir mewarnai gelaran tahun ini. Dengan format yang sama, para peserta akan dibagi dalam kualifikasi regional untuk menentukan siapa yang berhak maju ke babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021.

Demi memajukan industri game lokal, Piala Presiden Esports 2021 juga akan menggelar cabang Lokapala. Piala Presiden Esports 2021 akan terus membawa semangat ini sama seperti gelaran tahun sebelumnya yang menjadikan game lokal Ultra Space Battle Brawl sebagai cabang eksebisi.

Tentang PT Gajah Merah Terbang
PT Gajah Merah Terbang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pemrograman komputer / piranti lunak dan jasa periklanan / promosi industri digital, online marketing, media online KINCIR dengan alamat www.kincir.com (“situs”).

Tentang Kincir.com
KINCIR adalah jaringan multikanal yang menyediakan beragam konten seputar film dan game untuk kalangan anak muda. Dengan berbagai konten menarik yang dihadirkan oleh para kreator muda dan berbakat setiap harinya, KINCIR siap menjadi sumber referensi yang aktual dan faktual bagi para pencinta sinema dan video game. Berbagai konten yang menghibur sekaligus inspiratif dituangkan melalui beberapa kanal dari KINCIR.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Juni 2021, BCA melayani lebih dari 26 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 41 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.013 kantor cabang, 17.721 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.

Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

Tentang Blibli
Blibli didirikan tahun 2011, merupakan perusahaan e-commerce terkemuka buatan Indonesia yang memimpin dalam solusi omnichannel dan diperkuat ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang mencakup B2C, B2B, B2B2C, dan B2G. Blibli sebagai mal online menawarkan berbagai macam produk yang terbagi dalam 20 kategori, mulai dari kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya, dan didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Dalam memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia, Blibli memiliki 15 gudang barang dan 30 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia serta didukung armada pengiriman yang dimiliki, BES, dan juga bekerjasama dengan 25 mitra logistik. Blibli terus berusaha memberikan pengalaman berbelanja terbaik melalui berbagai inovasi layanan yang terintegrasi secara omnichannel dengan visi menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik di Indonesia. Blibli juga menerima pembayaran melalui kartu kredit internasional dan domestik, bersama 22 partner bank untuk cicilan.

Kunjungi laman kami di www.Blibli.com atau unduh aplikasi Blibli sekarang yang tersedia di App Store, Google Play, dan Huawei AppGallery. (wie)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.