BI Ajak Masyarakat Bahu Membahu Tekan Peredaran Covid-19

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
2021 11 25 21 20 45 344
2021 11 25 21 20 45 344

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.

 

Bacaan Lainnya

DENPASAR | patrolipost.com –Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI)  Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar, Kamis (25/11/2021) kembali mengajak segenap elemen bersama-sama bersinergi dan bahu membahu menghadapi Covid-19.

“Jika angka Covid-19 terkendali maka akan semakin mempercepat perbaikan perekonomian di Bali. Kesehatan pulih, ekonomi bangkit, menuju Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” sebutnya.

Lantas ia menyampaikan, Pemberlakuan PPKM Darurat dari 1 Juli 2021 sampai dengan 20 Juli 2021 dan berlanjut dengan PPKM Level 4 sampai dengan 13 September 2021 lalu telah menahan kinerja sektor pariwisata dan sektor terkait lainnya. Pemberlakuan PPKM juga mencakup pengetatan persyaratan penerbangan dan penyeberangan pelabuhan sehingga berdampak pada tertundanya beberapa program pemulihan ekonomi Bali seperti program Work From Bali dan rencana pembukaan pariwisata mancanegara.

Hal ini tentu saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bali. Pada triwulan Ill 2021, pertumbuhan ekonomi Bali mengalami kontraksi -4,08% (qtq) dan -2,91% (yoy). Kinerja tersebut merupakan kinerja terendah dibanding provinsi lain di Indonesia. Mengingat karakteristik Provinsi Bali didominasi oleh sektor pariwisata, maka sensivitas perekonomian Bali terhadap kebijakan pengetatan mobilitas cenderung lebih tinggi dibandingkan Provinsi lainnya di Indonesia.

Menyikapi fenomena tersebut, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berperan aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Dikatakan sebagai wujud nyata kontribusi Bank Indonesia kepada negeri, Bank Indonesia telah melaksanakan Program Sosial Bank Indonesia yang bertajuk Dedikasi untuk Negeri melalui tiga program, yaitu Peningkatan Ketahanan Ekonomi (PKE) dan UMKM, SDM Unggul, dan Kepedulian Sosial.

Salah satu program penanganan bencana yang sejalan dengan upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia adalah penyaluran paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu, BI Bali  juga telah memberikan bantuan berupa 500 tabung oksigen beserta isi dan mesin generator oksigen ke rumah sakit rujukan Covid-19 di seluruh wilayah Bali untuk mempercepat penanganan pasien Covid-19 di Bali. (wie)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *