Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Galungan, Sat Polairud Perketat Pengawasan Pelabuhan Padangbai

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pelabuhan padangbai
Personel Sat Polairud Polres Karangasem melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan di Pelabuhan Padangbai. (ist)

AMLAPURA | patrolipost.com – Menjelang hari Raya Galungan, jajaran Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Karangasem memperketat pengawasan arus penumpang keluar-masuk Bali di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. Pengawasan dan pemeriksaan terhadap penumpang juga bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan meneliti dokumen perjalanan.

“Personel melaksanakan pengamanan dan pemeriksaan terpadu terhadap aktivitas dan penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Padangbai. Pengamanan juga dilaksanakan untuk memastikan situasi kamtibmas akhir pekan di kawasan Pelabuhan Padangbai tetap kondusif,” ujar Kasat Polairud Polres Karangasem AKP I Gusti Agung Bagus Suteja SIP, melalui personel Bripka I Made Pradnyana.

Bacaan Lainnya

Menurut Made Pradnyana, pelaksanaan pengamanan di area Pelabuhan Padangbai dilaksanakan bersinergi dengan personel Polsek Kawasan Laut Padangbai serta mitra kamtibmas terkait. Dari pelaksanaan penyekatan masyarakat, terdapat beberapa penumpang yang akan penyeberangan tujuan Pelabuhan Lembar, NTB tidak dilengkapi dokumen tapid test. Petugas kemudian mengarahkan untuk melengkapi rapid testnya di lokasi yang telah disediakan di kawasan Pelabuhan Padangbai.

Dari pantaun aktivitas di kawasan Pelabuhan Padangbai, bongkar muat kapal berjalan lancar, jumlah penumpang yang masuk Bali melalui penyeberangan kapal ferry terpantau normal. Tidak ada peningkatan meskipun akhir pekan dan jelang Hari Raya Galungan bagi masyarakat Bali yang beragama Hindu. Demikian juga penumpang yang akan meninggalkan Bali terpantau cenderung sepi.

“Saat ini kedua dermaga berfungsi normal dan situasi Pelabuhan Padangbai aman terkendali,” tukasanya.

Pada hari yang sama, Sabtu (6/11/2021) sekira pukul 09.00 Wita, personel Sat Polairud Polres Karangasem dipimpin Kanit Patroli Sat Polairud Aiptu I Gusti Lanang Gede melaksanakan patroli di sepanjang pesisir Pantai Candidasa.

Dikonfirmasi di lokasi, Aiptu I Gusti Lanang Gede menyampaikan pelaksanaan patroli di kawasan pantai Candidasa untuk mengontrol situasi kamtibmas karena merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Karangasem. Patroli dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa lokasi pelabuhan jukung nelayan, dan penginapan yang ada di pesisir.

Tujuannya untuk mengajak masyarakat pesisir, nelayan serta pelaku wisata untuk tetap mematuhi dan melaksanakan imbauan pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 serta mengajak untuk selalu ikut menjaga kamtibmas wilayah mereka masing-masing, apalagi menjelang Hari Raya Galungan, 10 November 2021 nanti.

“Kita juga mengingatkan masyarakat agar melaporkan kepada petugas terdekat bilamana ada kejadian yang mengganggu kamtibmas atau membahayakan jiwa, baik di pesisir maupun di perairan,” ujar Gusti Lanang.

Sepanjang pengawasan yang dilaksanakan timnya Kanit Patroli Sat Polairud menambahkan situasi pesisir Candidasa relatif sepi aktivitas pengunjung. Sedangkan aktivitas nelayan terpantau berjalan normal, dimana sebagian nelayan sedang merapikan alat melautnya, serta petugas keamanan / sekuriti yang mengawasi beberapa penginapan yang ada di sepanjang pesisir Candidasa.

Kanit Patroli Sat Polairud sangat mengapresiasi masyarakat yang ada di pesisir Candidasa yang sebagian besar sudah mengikuti imbauan pemerintah dengan mengenakan masker saat berada di tempat umum serta sudah melaksanakan vaksinasi hingga dosis yang kedua. Masyarakat menyampaikan kawasan Candidasa sudah siap menerima kunjungan wisatawan, baik untuk berwisata (berkunjung) ataupun menginap.

Para nelayan juga berharap wisatawan segera mengunjungi Candidasa untuk berwisata sehingga para nelayan berkesempatan untuk mengantar wisatawan untuk melaksanakan dive pada poin-poin dive yang ada di perairan Candidasa. (*/zar)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *