Siprianus Habur Terpilih Jadi Wabup Manggarai Timur Sisa Jabatan 2019-2024

penghitungan suara
Proses Penghitungan surat suara dalam pilwabup Matim Sisa Masa Jabatan 2019-2024. (ist)

BORONG | patrolipost.com – Kursi Wakil Bupati Manggarai Timur kini terisi kembali semenjak ditinggal Alm Jaghur Stefanus. Pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur ini berlangsung dalam Rapat Paripurna XXX dengan agenda Pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur Sisa Masa Jabatan 2019-2024 oleh DPRD di kantor DPRD Matim di Lehong, Borong, Jumat (23/9/2022).

Pada pemilihan Wabup tersebut,  Calon Wakil Bupati (Cawabup) Nomor Urut 1 Siprianus Habur meraih suara terbanyak. Pemilihan diikuti  27 orang anggota DPRD yang ikut menentukan hak suara dari 30 anggota DPRD di Kabupaten Manggarai Timur. Dua 2 anggota DPRD mengundurkan diri karena sebagai Calon Wabup yakni Siprianus Habur dan Heremias Dupa dan 1 anggota DPRD lainya Evaritus Seri Suwardi tidak hadir untuk ikut memilih karena kondisi sakit.

Anggota Panitia Tarsan Talus saat membacakan hasil pemilihan menyatakan, Cawabup nomor urut 1, Siprianus Habur memperoleh 16 suara, sedangkan pesaingnya Heremias Dupa Cawabup Nomor Urut 2 memperoleh 11 suara dari total suara sah sebanyak 27 dan suara tidak sah nol.

Sementara itu ketua panitia pemilihan wakil Bupati Manggarai Timur Bernadus Nuel mengatakan seluruh proses berjalan dengan aman dan lancar. Sebelum pemilihan dilakukan perhitungan kertas suara yang sebelumnya disegel dalam tiga amplop warna kuning. Selanjutnya dilakukan penandatangan berita acara penerimaan. Panita juga membacakan tata cara pemilihan. Selanjutnya setiap pemilih sebelum masuk ke bilik suara terlebih dahulu diperiksa untuk memastikan tidak membawa sesuatu ke bilik suara kecuali kertas suara.

Pihaknya menyampaikan terimakasih banyak kepada anggota DPRD dan semua elemen yang ikut ambil bagian dalam kegiatan pemilihan sehingga berjalan lancar.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan pimpinan Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD, serta dijaga ketat oleh aparat keamanan dari Kepolisian Polres Manggarai Timur dan Sat Pol PP Kabupaten Manggarai Timur dan sejumlah anggota TNI. Turut hadir juga Calon Wabup Siprianus Habur bersama tokoh adat, tokoh masyarakat dan keluarga, serta undangan lainya. (pp04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.