Terima BLT Covid-19 Tiga Bulan, Warga Golo Wune Langsung Lunasi PBB

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
desa wolo gune
Kepala Desa Golo Wune berikan pengarahan kepada warga Golo Wune penerima manfaat BLT Covid-19. (Rob).

BORONG | patrolipost.com – Pemerintah Desa Golo Wune serahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 kepada warga desa penerima manfaat di Kantor Desa Golo Wune, Heso, Lamba Leda Selatan, Manggarai Timur, NTT Rabu (20/10/2021). Menariknya, bagi warga yang punya tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB), langsung dipotong dari dana BLT.

Setelah menerima BLT Covid-19 warga langsung membayar PBB kepada petugas di samping pintu Kantor Desa. Adapun penerimaan Dana BLT Covid-19 tersebut untuk tiga bulan, terhitung bulan Juli, Agustus, dan September untuk tahun anggaran 2021, langsung dipotong PBB.

Total jumlah uang yang diterima warga penerima manfaat di dalam kantor desa senilai Rp. 900.000  dan sisanya dibawa ke rumah, tergantung setelah melunasi PBB. Bagi yang mempunyai sawah, ladang serta kebun yang banyak, tentunya sisa BLT Covid-19 yang dibawa pulang lebih sedikit karena biaya pelunasan PBBnya lebih besar.

Seorang perangkat Desa asal Dusun Wangka, Alex Mantur menjelaskan dana BLT langsung dipotong pajak memudahkan perangkat desa, khususnya Dusun, RW maupun RT dalam menagih PBB.

“Utang PBB yang kita tagih dari rumah ke rumah hanya bagi mereka yang menerima dana bantuan lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH),” jelas Alex.

Sementara itu, Kepala Desa Golo Wune, Fitalis Videlis menegaskan,  penagihan piutang pajak cukup sulit jika ditagih pada kesempatan lain. Namun setelah diterapkan pelunasan langsung setelah warga menerima BLT, pekerjaan perangkat desa dipermudah.

“Selama ini penagihan piutang pajak cukup sulit, oleh karena itu kita terapkan cara seperti ini. Kalau tunggu hari lain, uang bantuan yang diterima hari ini bisa jadi sudah habis untuk kebutuhan rumah tangga mereka. Mereka yang perlu kita datangi sampai dirumahnya tinggal sebagian warga. Utang pajak penerima manfaat BLT Covid-19 langsung dilunasi hari ini,” pungkas Fidelis.  (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *