Inovasi Baru, Dinas PKP Bangli Akan Kembangkan Ikan Koi

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bbi bangli
Suasana di BBI Serokadan di Desa Abuan Kecamatan Susut Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli  terus melakukan inovasi terkait pengembangan jenis ikan di Balai Benih Ikan (BBI). Selama ini BBI hanya memproduksi bibit ikan nila. Direncanakan 2022 akan dikembangkan jenis ikan lainnya seperti ikan koi.

Kepala Dinas PKP Bangli, I Wayan Sarma mengatakan Bangli memiliki UPTD BBI Sidembunut yang berlokasi di Banjar Sidembunut, Kelurahan Cempaga Bangli. UPTD tersebut mewilayani BBI lainnya yang tersebar di tiga Kecamatan yakni Susut, Kintamani dan Tembuku.

Bacaan Lainnya

“UPTD ini mengelola kolam pendederan di Desa Kedisan Kecamatan Kintamani, Desa Yangapi Kecamatan Tembuku, serta BBI Serokadan,” ungkapnya, Minggu (3/10/2021).

Sejauh ini BBI baru memproduksi bibit ikan nila. Kemudian melihat kondisi pasar, berpotensi mengembangkan jenis ikan lainnya. Direncanakan akan dikembangkan produksi lele maupun ikan hias seperti koi.

“Pangsa pasar lele dan ikan hias terutama koi sangat menjanjikan,” sebutnya.

Kata Wayan Sarma, pengembangan ikan tersebut akan dilakukan di BBI Serokadan. Untuk fasilitas memang perlu dimatangkan lagi. Akan dilakukan sedikit perbaikan pada kolam sehingga layak untuk digunakan mengembangkan jenis ikan di luar nila. Diperkirakan dibutuhkan anggaran Rp 50 juta untuk infrastruktur pendukung.

“Kolam sudah siap, ada beberapa yang perlu ditata. Kami masih hitung kembali kebutuhan anggaran,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Perikanan Dinas PKP Bangli, Wayan Agus Wirawan menambahkan, cukup banyak permintaan ikan selain nila. Potensi tersebut bisa digarap dengan optimal. Diakui jika pengembangan jenis ikan lainnya mendapat dorongan dari Wakil Bupati Bangli.

“Minat untuk ikan koi terbilang tinggi. Beberapa kelompok di Bangli juga sudah mulai kembangkan  budidaya koi,” sebut Kabid asal Dusun Bangunlemah, Desa Apua, Susut ini. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *