Ditandai Operasi Perdana, RSU Bangli Buka Layanan Poliklinik Urologi

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
suasana operasi perdana pasien urologi
Suasana operasi perdana pasien urologi di RSU Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.comPelayanan di RSU Bangli terus dikembangkan. Teranyar RSU Bangli membuka layanan Poliklinik Urologi. Untuk tindakan yakni  operasi pasien urologi perdana dilaksanakan pada Kamis (16/9/2021). Sebelumnya untuk layanan urologi, pasien harus dirujuk ke rumah sakit lain. 

Kasubag Hukum, Humas, dan Pemasaran RSU Bangli, Sang Kompyang Arie S Wijaya mengatakan layanan Poliklinik Urologi salah satu layanan unggulan baru di RSU Bangli. Untuk layanan Poliklinik ini memiliki satu dokter spesialis yakni dr I Nyoman Palgunadi SpU. Layanan Poliklinik Urologi sudah dimuali Rabu (15/9/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

“Begitu layanan dibuka, sudah dilakukan tindakan operasi perdana,” sebutnya, Jumat (17/9/2021). 

Menurut Sang Wijaya, layanan Poliklinik Urologi ini buka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita. Sedangkan untuk pengambilan tindakan operasi dijadwalkan pada hari Selasa, Kamis serta Sabtu. “Jika dalam kondisi urgent atau darurat tindakan operasi dilayani,” sebutnya.

Lebih lanjut, pasien-pasien dengan keluhan di bagian saluran kemih itu biasanya dirujuk ke rumah sakit lain. Setelah dibuka Poliklinik Urologi ini tentu RSU sudah bisa mengambil tindakan. Selain itu, pesien BPJS Kesehatan sudah terlayani. 

“Sebelumnya pasien dirujuk ke RS rujukan yang memiliki sepesilis bedah urologi dan tergantung permintaan pihak keluarga,” jelasnya.

Sementara untuk sarana prasarana,  berupa  fasilitas pendukung sudah disiapkan, baik untuk ruang poliklinik, kemudian ruang untuk tindakan operasi. “Sudah dilengkapi di ruang instalasi bedah sentral/OK sehingga bisa bejalan dan diambil tindakan,” ungkap pria asal Susut ini.

Menurut Sang Kompyang Wijaya, dalam tindakan operasi sudah menggunakan alat canggih berupa endoskop. Dokter menggunakan prosedur endoskopi sehingga tidak ada luka sayat. 

Kata Sang Kompiang Wijaya, dokter spesialis Urologi adalah dr I Nyoman Palgunadi  yang  merupakan dokter lulusan Universitas Udayana. Kemudian spesialis bedah urologi diraih di Universitas Padjajaran dan sempat mengikuti pelatihan di Taiwan terkait laparascopic urology. 

Terpisah Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan apresiasinya terhadap peningkatan layanan di RSU Bangli. Pihaknya akan tetap mendorong rumah sakit untuk bisa memberikan layanan terbaik.

“Tentu akan selalu kami dorong untuk melengkapi baik sarana prasarana, termasuk untuk SDM. Terlebih tenaga kesehatan dan sub spesialis harus lebih banyak lagi. Saat ini RSU Bangli juga sudah ada spesialis paru,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *