Lomba Burung Berkicau Dirancang Jadi Agenda Tahunan di Bangli

Suasana lomba burung berkicau bertempat di Lapangan Kapten Mudita Bangli, (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Serangkaian peringatan Bulan Bung Karno, Pemkab Bangli bersama Persatuan Burung Indonesia (PBI) Bangli menggelar lomba burung berkicau, Minggu (13/6). Lomba yang berlangsung di Lapangan Kapten Mudita Bangli, pesertanya tidak hanya diikuti peserta lokal Bali, tetapi juga peserta dari luar Bali. Lomba dibuka oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta.

Ditemui usai membuka lomba, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan akan menggelar lomba dalam wadah lebih resmi yakni Bupati Cup. “Nanti menjadi agenda reguler dan lebih resmi dalam Bupati Cup Bangli 2022,” ungkap Bupati Sedana Arta.  

Bacaan Lainnya

Lomba burung berkicau kali ini merupakan even perdana Bangli Era Baru. Even kali ini mendapat sambutan cukup bagus. Menurut Bupati Sedana Arta, even kali ini juga diikuti peserta dari luar Bali. Kemudian pecinta burung di Bangli cukup banyak, bahkan ada yang sudah mengembangbiakkan beberapa jenis burung.

“Ini tidak hanya hobi, tapi sudah ada yang menjadi peternak burung dan menjadi sumber penghasilan,” ujarnya. 

Banyaknya komunitas burung di Bangli, diharapkan ini dapat menggerakan sektor ekonomi di Bangli, termasuk UMKM. 

Sementara itu Ketua PBI Bangli, Made Trisnawan mengatakan lomba kali ini digelar dalam beberapa kelas. Sedangkan untuk jenis burung setidaknya ada 12 jenis burung yang dilombakan. Beberapa jenis burung yang dilombakan yakni anis merah, cucak ijo, murai baru ring, cendet, kenari. 

Dalam pelaksanaan, masing-masing kelas peserta sekitar 60 orang. “Peserta datang dari berbagai daerah, ada pula dari Banyuwangi, Lombok serta Bima,” sambungnya. 

Disinggung rencana lomba burung jadi even tahunan, Made Trisnawan mengatakan sangat mendukung rencana Bupati Bangli untuk meningkatkan perekonomian Bangli.

“Komunitas semakin banyak dengan begitu diharapkan perputaran ekonomi juga meningkat,” imbuhnya. (750) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.