Mengenal Rutan Phu Quoc Vietnam, Penjara Komunis Ini Menyiksa Tahanan dengan Cara Sadis

  • Whatsapp
Para tahanan disiksa tanpa ampun. (ist/net)

Patrolipost.com – Selama ini Vietnam dikenal dengan negara yang punya banyak stok wanita cantik serta destinasi wisata Halong Bay yang indahnya bak surga.

Namun ternyata di daerah bagian selatan ada kehidupan ‘neraka’ yang teramat sangat menyeramkan. Adalah rumah tahanan (rutan) Phu Quoc, sebuah tempat yang dibangun oleh para penjajah Perancis untuk menahan para tentara komunis.

Tidak tanggung-tanggung, di penjara ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menyayat hati karena para tahanan yang disiksa dengan membabi buta tanpa ampun.

Inilah sepenggal kisah Phu Quoc yang menjadi ‘neraka dunia’ untuk para narapidana Vietnam.

Rumah Penjara Phu Quoc berlokasi di desa Cay Dua, Phu Quoc, Vietnam Selatan. Dibangun di atas lahan seluas 400 hektar, Phu Quoc adalah penjara terbesar di Vietnam yang awalnya dibuat khusus untuk menahan para patriot Vietnam pada tahun 1967. Namun, seiring berjalannya waktu penjara ini dijadikan sebagai bui untuk para tahanan perang, para komunis, serta narapidana yang tersangkut kasus politik dari berbagai periode.

Terhitung semenjak menginjakkan kaki ke dalam penjara, para narapidana sudah mendapat penyiksaan di luar batas kewajaran. Tahanan akan diberi pukulan mematikan yang akan menciutkan mental mereka. Di hari berikutnya, para tahanan akan dijemur di bawah sinar matahari, di atas kerangka timah panas sampai kulit melepuh dan pingsan. Apa yang akan terjadi jika mereka memberontak? Mereka akan mendapat pukulan di kepala dan ditembak. Membayangkan saja sudah bikin merinding, bagaimana yang menyaksikan?

Tahanan bukan cuma dipukuli, mereka menerima siksaan yang sangat kejam. Siksaannya dibuat buta dengan cahaya, dimasukkan dalam karung dan dibakar hidup-hidup, dikurung dalam kandang berduri, sampai memasukkan tongkat ke dalam tenggorokan. Semakin sering tahanan mencoba kabur, siksaannya semakin berat dan berujung kematian.

Penjara ini menampung lebih dari 32.000 tahanan. Saat-saat tertentu, tahanan akan bertambah menjadi 40.000.

Dengan tempat yang sempit dan siksaan berat, ada banyak tahanan yang meninggal di penjara ini. Angka kematiannya sampai ribuan.

Penjara ini dijaga dengan ketat pada masa itu. Terbukti dengan penjagaan satu aparat untuk 2 orang tahanan. Lebih dari 4.000 aparat yang menyebar di sekitar penjara. Termasuk daerah pantai dan udara. (305/ric)

 

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *