Pastikan Program Inovatif, Bupati Sidak Sejumlah OPD

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan sidak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (6/4/2021). (ist)

SEMARAPURA | patrolipost.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta melakukan kunjungan ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (6/4). Kegiatan ini dilakukan guna memastikan pengelolaan pemerintah daerah dilakukan dengan program inovatif.

OPD yang dikunjungi diantaranya Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi, Baperlitbang, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Saya hanya ingin memastikan bahwa dalam kegiatan pengelolaan pemerintah daerah dilakukan dengan program inovasi. OPD juga saya genjot untuk menciptakan program inovasi guna mempercepat penyelesaian masalah serta menggali potensi, terlepas dari adanya lomba Sinovik dari Menpan RB dan IGA Kemendagri. OPD supaya segera melengkapi dan mengumpulkan program inovasi,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menjelaskan, tujuan utama dari pembuatan program program inovatif bukanlah untuk lomba namun untuk memberikan pelayanan masyarakat supaya lebih optimal. Untuk menghadapi lomba, kedepan pihaknya akan turun langsung untuk menangani perlengkapan program inovasi dari seluruh OPD sehingga diharapkan bisa diakui oleh Pusat. Dengan pengakuan dari pusat maka akan didapatkan Dana Insentif Daerah (DID).

Pada ajang Inovatif Government Awards (IGA) 2021 Klungkung menyiapkan sebanyak 103 program inovasi. 103 inovasi ini merupakan hasil verifikasi terhadap 245 nama-nama inovasi yang masuk ke Baperlitbang dari tahun 2019-2021 untuk dinilai apakah memenuhi syarat untuk diikutkan IGA 2021.

Bupati Suwirta juga perintahkan Baperlitbang untuk menginventarisir beberapa program inovasi yang telah berjalan namun seperti Temu Wirasa, Ngaben Massal dan Hidroponik untuk KK miskin. Ada juga beberapa inovasi yang masih dikembangkan berupa aplikasi pendukung Bimajuara dan aplikasi yang bernama Solusi.

Sedangkan untuk mengahadapi ajang Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) dari Menpan RB, saat ini terdata 14 program inovasi baru. Penginputan proposal inovasi di Sinovik 2021 paling lambat tgl 19 April 2021. Atas dasar itu Bupati Suwirta perintahkan OPD untuk percepat penginputan proposal pada Sinovik2021.

Sementara saat mengunjungi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bupati Suwirta mendapati banyak warga peserta BPJS mandiri dan pekerja penerima upah beralih ke Universal Health Coverage (UHC) ditengah pandemi covid19. Tercatat sudah sebanyak 2339 peserta yang beralih mengikuti program UHC Pemkab Klungkung. Jika dihitung maka 2339 peserta ini akan menghabiskan dana sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan selama ini Klungkung telah menggunakan dana Rp 33 miliar dana untuk UHC.

Sedangkan untuk usulan bedah rumah dan rehab rumah total berjumlah sekitar 1300 lebih. Namun setelah dilakukan versifikasi hanya 770 yang layak. Kedepan pihaknya berharap Perbekel untuk lebih terbuka dalam pengajuan usulan. Dengan dana operasional dan penghasilan yang diperolehnya, Bupati Suwirta akan menyisihkan untuk mendukung program rehab dan bedah rumah ini. (855)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.