Pemuda Batak Bersatu Bali Siap Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata

  • Whatsapp
Delegasi Bali dalam Rakornas Pemuda Batak Bersatu (PBB) di Bekasi. (ist)

BEKASI | patrolipost.com – Dilandasi semangat kebersamaan, seluruh anggota yang tergabung dalam komunitas Pemuda Batak Bersatu (PBB) sedunia bertekad untuk menyatukan pemikiran, rasa, dan karya untuk menjadi bagian penentu dari arah dan kebijakan negeri ini.

“Saat ini kita bukan lagi hanya sebagai penonton, tapi kita, Pemuda Batak Bersatu harus menjadi bagian dari pelaku sejarah kemajuan, toleransi, dan gerakan sosial yang melampaui sekat, suku, ras, dan agama,” ujar Lombok F Sihombing SPd, selaku Ketua Umum (Ketum) PBB di Bekasi, Sabtu (13/3/2021).

Bacaan Lainnya

Pernyataan itu disampaikan di sela acara Rapat Koordinator Nasional (Rakornas) ke-1 dan Seminar bertemakan “Pemuda Batak Bersatu untuk Indinesia” di Hotel Horison Bekasi, 10-13 Maret 2021. Selain Ketum dan para Waketum, turut hadir pula perwakilan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PBB sedunia, termasuk Arnold Simamora (Sekjen), Lintong Manurung, SH, (Bendahara Umum), Ruspen Purba (Dewan Pendiri), dan Amin Napitupulu (Dewan Pembina).

Delegasi dari Bali dipimpin Ketua DPD PBB Bali Robert Manurung, didampingi Dr Firman Sinaga SST Par, MSiPar, CHT, (Wakil Ketua), dan Johanes Saragih (Sekretaris). Rakornas perdana PBB tersebut juga mengusung subtema “Meningkatkan Tugas dan Fungsi Pengurus dalam Mencapai Visi Misi Sosial Pemuda Batak Bersatu dalam Berkontribusi Ikut Serta Membangun Bangsa dan Negara”.

Adapun ratusan peserta Rakornas kali ini terdiri dari Ketua Sekretaris Bendahara (KSB) Perwakilan DPD Nanggroe Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Papua Barat.

Ada juga sejumlah peserta dari luar negeri antara lain perwakilan dari United State of America (USA), Hongkong, juga 3 wilayah di Malaysia (Penang, Johor, dan Kuala Lumpur), serta utusan dari DPD PBB Singapura.

Hasil Rakornas akhirnya menyetujui bahwa PBB menjadi Duta Marketing Pariwisata Bali, dan turut mendukung untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara lewat PBB se-Indonesia. Bahkan DPD PBB Bali siap sebagai Duta Marketing Danau Toba, serta mempersiapkan seluruh kader tentang cara berorganisasi dengan baik.

Wakil Ketua DPD PBB Bali yang juga pemerhati pariwisata, Dr Firman Sinaga SSTPar, MSiPar, CHT, melihat bahwa anak perantau suku Batak di Bali jumlahnya cukup banyak, dan sekitar 80% diantaranya yang bekerja di industri pariwisata.

“Dengan situasi pandemi Covid-19 memang sangat berdampak terhadap semua sektor, bahkan kondisi sektor ekonomi saat ini cukup memprihatikan. Maka kami, Pemuda Batak Bersatu yang memiliki falsafah dan menjunjung tinggi solidaritas, tolerasi, rukun, dan gotong royong siap membangun dan membantu sekuat tenaga dan kemampuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Firman Sinaga.

Untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Bali, Firman Sinaga tengah menjalin kerja sama dengan pihak DPP dan DPD PBB di dalam maupun di luar negeri. Firman juga mengundang dan mengajak untuk berlibur dan melakukan berbagai perhelatan yang bisa di-handle langsung oleh para rekan seperjuangam dari DPD PBB Bali.

“Terutama dari Provinsi Jawa Barat ada sekitar 500 ribu jiwa asal Sumatera Utara (Batak), dimana sekitar 21 ribu orang diantaranya yang dipimpin Hendriek L Sihotang SSI, sudah bergabung dalam komunitas PBB. Begitu pula dengan perwakilan di Provinsi DKI Jakarta yang dikomandoi Dayan Siringoringo juga memiliki potensi yang sangat luar biasa,” jelas Firman Sinaga. (246)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *