RSU Bangli Kembali Operasikan Alat CT-Scan

Proses pelatihan pengoperasian alat CT- Scan di RSU Bangli. (sam)

BANGLI | patrolipost.com –  Walaupun petugas yang akan mengoperasikan alat CT-Scan masih menjalani pelatihan, namun pihak Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli telah siap menerima pasien yang membutuhkan penanganan lewat alat CT-Scan. Hal tersebut diungkapkan Wadir Penunjang dan Sarpras RSU Bangli, dr I Wayan Pariasta, Rabu (7/1/2021).

Kata Wayan Pariasta, setelah turun izin terkait pengunaaan alat dari badan pengawas tenaga nuklir pada pertengahan bulan Desember lalu, ditindaklanjuti dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya bertugas  mengoperasikan alat tersebut.

Bacaan Lainnya

”Mereka yang nantinya mengoperasikan alat CT-Scan menjalani pelatihan,” ujarnya.

Sebanyak delapan petugas bagian radiology menjalani pelatihan di bawah bimbingan teknisi dari Surabaya. Pelatihan berlangsung selama lima hari, dari Selasa sampai Minggu.

”Selama proses pelatihan kami siap menerima pasien dan dari informasi sudah ada pasien yang dirawat di ruangan akan menjalani CT-Scan,” jelasnya.

Kata Wayan Pariasta, bagi pasien yang akan menjalani CT- Scan tidak serta merta harus di-swab, dan swab berlaku bagi pasien yang memilki risiko tinggi. ”Dengan pengoprasian alat CT-Scan maka tidak ada lagi pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit luar daerah,” sebutnya.

Beber Wayan Pariasta, spesifikasi dari alat CT- Scan yang baru  berbeda dengan alat sebelumnya. Dimana disebutkan kalau alat CT-Scan yang baru dengan 16 slide sementara alat sebelumnya hanya 1 slide.

”Untuk ketersedian alat pihak RSUD Bangli menjalani kerjasama dengan PT Meditrans Golobal. Perjanjian kerjasama selama lima tahun  dan  ke depannya bisa diperpanjang lagi,” kata Wayan Pariasta. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.