Hujan Deras, Akses Jalan Tertutup Longsor dan DPT Jembatan Ambrol

Kondisi akses jalan yang tertutup material longsor di Jalan Angansari Kutuh, Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Bangli.

BANGLI | patrolipost.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli, mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa titik. Akses jalan utama warga Kutuh tertutup material longsor. Selain itu hujan deras juga menyebabkan dinding penahan tanah (DPT) jembatan yang menghubungkan Desa Pinggan dengan Banjar Ngalan, Desa Siakin ambrol.

Perbekel Kutuh, Wayan Pasek mengatakan, pasca hujan deras terjadi longsor di Jalan Angansari Kutuh tepatnya Sabtu (5/12/2020) malam. Tebing yang longsor menutup akses jalan utama warga.

Bacaan Lainnya

Karena akses jalan tertutup longsor maka warga yang beraktivitas memanfaatkan jalan rabat beton.

“Tebing masih bagian dari lahan milik warga setempat. Begitu kejadian kami langsung koordinasikan dengan instansi terkait untuk evakuasi material longsor,” ujarnya, Minggu (6/12/2020).

Kemudian pada Minggu pagi mulai dilakukan evakuasi material longsor tersebut. Satu unit alat berat diturunkan. Kata Wayan Pasek, petugas Dinas PUPR Perkim dan BPBD yang turun untuk penanganan longsor tersebut.

“Akses jalan tertutup semalam. Material longsor baru dibersihkan karena khawatir terjadi longsor susulan,” ungkapnya.

Terpisah Pejabat Pembuat Komitemen kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi jembatan Pinggan – Siakin Putu Dedi Upariawan mengatakan, limbah hujan mengakibatkan DPT sepanjang 15 meter dengan ketinggian 7 meter ambrol.

“Awalnya pekerja memasang gadril, namun tiba-tiba turun hujan dan pekerja tinggalkan lokasi, namun lupa mengatur aliran air, hingga  meluluhlantakkan DPT,” ungkapnya

Lanjut Dedi Upariawan untuk perbaikan masih menjadi tanggung jawab rekanan dalam hal ini PT Sanur Jaya Utama. ”Perbaikan masih jadi tanggung jawab rekanan, pengerjaan jembatan harus sudah rampung tanggal 20 Desember,” tegasnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.