Menteri Luar Negeri Jepang Beri Penghargaan Tokoh Seni di Bali

  • Whatsapp
Neka Art Museum

DENPASAR | patrolipost.com – Sejumlah tokoh seni di Bali diberikan penghargaan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Tahun 2020 (Reiwa 2) diantaranya kepada Pande Wayan Suteja Neka, Anak Agung Gde Rai dan Hida Keiko. Kementerian Luar Negeri Jepang telah mengumumkan para penerima penghargaan tersebut pada 1 Desember 2020.

Penghargaan ini dianugerahkan atas jasa-jasa mereka dalam memberikan sumbangsih terhadap peningkatan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia.

Pande Wayan Suteja Neka, Kepala Neka Art Museum Ubud, melalui Neka Art Museum yang didirikannya sejak tahun 1982, ia berpartisipasi dalam pameran-pameran kesenian Indonesia yang diselenggarakan di Jepang maupun sejumlah pameran karya seniman Jepang yang digelar di Neka Art Museum serta berpartisipasi dalam The Indonesia – Japan Friendship Festival pada tahun 1997. Sehingga dianggap telah memberikan sumbangsih bagi perkembangan seni budaya Jepang dan Indonesia khususnya Bali.

Kemudian Anak Agung Gde Rai, Direktur Agung Rai Fine Art Gallery Ubud yang juga pendiri Agung Rai Museum of Art (ARMA) Ubud selama 35 tahun berpartisipasi dalam sejumlah pameran kesenian Indonesia di Jepang dan pameran kesenian Jepang di galeri serta museum yang dikelolanya. Sehingga dianggap telah memberikan sumbangsih bagi peningkatan hubungan Jepang dan Indonesia melalui seni budaya.

Selanjutnya adalah Hida Keiko, Marketing Manager Royal Kirana Spa, di Bali lebih dikenal dengan nama Keiko Mandera adalah seniman yang memberikan sumbangsih kepada masyarakat Jepang di Bali dengan berperan aktif memperkenalkan kebudayaan tradisional Bali, baik kepada masyarakat Jepang maupun masyarakat Indonesia.

Ia juga berpartisipasi pada pameran-pameran seni lukis dalam rangka merayakan tahun ke-60 Hubungan Diplomatik Jepang dan Indonesia pada tahun 2018 lalu. Melalui kegiatan-kegiatan seni budaya, pihaknya berkontribusi dalam peningkatan pemahaman dan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia khususnya Bali.

Surat penghargaan akan diserahkan kepada para penerima penghargaan yang berasal dari Bali oleh Konsul-Jenderal Jepang di Denpasar dalam waktu dekat ini.

Selama ini banyak orang dan pihak yang berkiprah di berbagai bidang dan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan hubungan persahabatan antara Jepang dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk menyampaikan apresiasi pemerintah Jepang atas jasa-jasa dari para individu maupun organisasi yang telah berkontribusi besar terhadap peningkatan hubungan persahabatan tersebut serta mengharapkan agar masyarakat Jepang maupun Indonesia dapat lebih memahami dan mendukung kegiatan-kegiatan mereka. (811)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *