Penilaian Akhir Semester SD di Bangli Dilakukan Secara Tatap Muka 

  • Whatsapp
Belajar tatap muka di SD Kawan, Bangli.

BANGLI | patrolipost.com – Kegiatan penilaian akhirnya semester tingkat sekolah dasar (SD) di Bangli dilaksanakan secara tatap muka. Kehadiran para siswa diatur per sesi dan di ruang kelas juga diatur jaraknya.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Bangli, I Ketut Gunarasa menjelaskan, pelaksanaan penilaian akhir semester dilaksanakan secara tatap muka. Hal ini mengacu pada arahan Dinas Pendidikan, kesiapan sekolah untuk melakukan tatap muka. Kebijakan ini juga mengacu persetujuan komite.

Bacaan Lainnya

“Bangli masuk zona orange, sehingga pembelajaran secara tatap muka dapat dilaksanakan,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Lanjutnya, untuk mekanisme penilaian akhir semester, dilakukan dua sesi. Untuk siswa kelas I, II dan III masuk sesi pertama yakni pukul 07.30 Wita – 09.30 Wita. Sedangkan sesi kedua ada siswa kelas IV, V dan VI. Kegiatan dimulai pukul 10.00 Wita hingga 12.00 Wita. Tidak hanya itu, masing-masing kelas dibagi kembali dalam beberapa ruang.

“Satu kelas dibagi dua, semisal kelas I ada 20 orang. Maka masing-masing ruang ada 10 orang siswa. Pembagian menggunakan sistem ganjil genap. Dalam pelaksanaan benar-benar jaga jarak,” sebutnya.

Sementara bagi siswa yang tidak hadir ke sekolah karena sesuatu dan lain hal, maka pihak sekolah yang akan menyambangi. Nantinya ada guru yang akan membawakan test tersebut.

“Kami akan koordinasi dengan pihak orangtua. Memang kami siapkan penilaian atau ulangan susulan. Pelaksanaan setelah penilaian akhir secara tatap muka,” sambungnya.

Disinggung soal pembelajaran tatap muka di semester berikutnya, Ketut Gunarasa mengatakan, pihaknya menunggu petunjuk Dinas, seperti apa kebijakan ke depannya.

“Kami tunggu arahan dari atas. Kami di sekolah tentunya mempersiapkan segala sarana untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Di ssii lain pelaksanaan penilaian akhir semester di SD 1 Kawan mengacu Protokol Kesehatan Covid-19.  Siswa selain wajib mengenakan masker juga sebelum masuk ruangan diukur suhu tubuhnya.

”Kami memang menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat, kami tidak ingin muncul klaster sekolah,” ujar Kasek SD 1 Kawan, Nurhayati.

Kata Nurhayati, bagi orangtua siswa dilarang masuk areal sekolah dan menunggu di luar pintu gerbang.

Sementara pelaksanaan penilain akhir semester untuk siswa klas I, II dan III masuk sesi pertama dari pukul 07.30-09.30 Wita. Sedangkan untuk siswa klas IV, V dan VI masuk sesi kedua dari pukul 10.00 wita sampai pukul 12.00 Wita.

”Hari pertama penilian akhir semester untuk mata pelajaran Agama dan Bahasa Bali,” ungkapnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *