Jaya Negara Mendem Pedagingan di Gedong Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara melaksanakan prosesi Mendem Pedagingan di Gedong Piyasan Pura Pucuk Sari di Banjar Kaliungu Kelod.

DENPASAR | patrolipost.com – Bertepatan dengan Rahina Sugihan Bali, Warga Banjar Kaliungu Kelod melaksanakan karya (upacara) Pamelaspasan dan Mendem Pedagingan Gedong Piyasan di Pura Pucuk Sari, Jumat (11/9/2020). Upacara ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dan pimpinan OPD terkait lainnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar serta sejumlah tokoh masyarakat adat setempat.

Wawali Jaya Negara yang hadir pada upacara tersebut, berkesempatan melaksanakan salah satu prosesi Mendem Pedagingan di Gedong Piyasan, pura setempat.

Bacaan Lainnya

“Saya berterimakasih kepada warga Banjar Kaliungu Kelod karena sudah menerapkan protokol Kesehatan di dalam melaksanakan upacara yadnya yakni upacara pemelaspasan gedong di Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod ini. Semoga dengan adanya upacara pemelaspasan ini,  serada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa semakin meningkat dan dalam melaksanakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Selain itu kita selalu berdoa agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir atas suecan Ida Shang yang Widhi Wasa,” ungkap Jaya Negara.

Sementara Manggala Karya, I Gede Arya Wira Negara menerangkan,  dilaksanakan upacara ini berkaitan dengan usainya pemugaran di  Gedong dan Piyasan Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod. Pemugaran ini dilakukan melihat kondisi piyasan yang secara keseluruhan sudah rapuh termakan usia. Kemudian, dari hasil musyawarah warga krama Banjar Kaliungu Kelod yang berjumlah kurang lebih 230 KK menyepakati untuk melaksanakan pemugaran. Sedangkan waktu pelaksanaan pemugaran dilakukan selama satu bulan lamanya.

Menurut Gede Arya, prosesi upacara dilaksanakan bertepatan dengan rahina Sugihan Bali yaitu upacara untuk penyucian diri disebut Bhuana Alit atau Mikrokosmos secara sekala maupun niskala. Ini merupakan momentum yang tepat dalam upacara pemelaspasan yang di puput Ida Peranda Gede Beluangan Sanur.

“Saya bersama warga krama Banjar Kaliungu Kelod mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar terutama Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar karena selama ini sudah membantu dan mendukung dari awal pamugaran balai banjar sampai saat ini, semoga Pemkot Denpasar selalu bisa mendukung masyarakat didalam kegiatan budaya dan agama. Dengan berlangsungnya acara ini harapannya, seluruh warga masyarakat Banjar Kalingu Kelod diberikan keselamatan dan kerahayuan,” pungkasnya. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.