Seratus Ribu Benih Ikan Ditebar di Danau Batur

Bupati Bangli, I Made Gianyar  saat menebar benih ikan di Danau Batur.

BANGLI | patrolipost.com –  Dalam upaya melestarikan populasi ikan di Danau Batur, pemerintah  daerah melakukan penebaran benih ikan (restocking), Senin (24/8/2020). Hampir seratus ribu benih ikan ditebar di Danau Batur. Penebaran benih ikan dipimpin langsung Bupati Bangli I Made Gianyar dan dihadiri oleh Wakapolres Bangli, Kepala Dinas PKP.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Ir I Wayan Sarma mengatakan, tujuan dilaksanakan penebaran ikan (restocking) adalah untuk mengembalikan populasi ekosistem Danau Batur, khususnya populasi ikan akibat eksploitasi yang berlebihan.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan penebaran ikan di perairan umum dalam rangka pelestarian perikanan serta untuk memulihkan populasi stok ikan di Danau Batur,” jelasnya.

Lanjut Wayan Sarma, jumlah ikan yang ditebar di perairan umum sebanyak 300 ribu ekor yang tersebar di 3 kecamatan yakni untuk Kecamatan Kintamani sebanyak 100 ribu ekor, Kecamatan Bangli sebanyak 150 ribu ekor dan Kecamatan Tembuku sebanyak 50 ribu ekor.

Sementara untuk  penebaran ikan di Danau Batur dilakukan di 4 titik lokasi yakni di perairan Desa Kedisan, perairan Buahan, perairan Abang Songan dan perairan Desa Songan B dengan jumlah penebaran sebanyak 100 ribu ekor.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk  berperan aktif menjaga kebersihan Danau Batur demi kelestarian sumber daya alam yang kita miliki,” harapnya.

Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, Danau Batur merupakan salah satu perairan umum yang ada di Kabupaten Bangli, mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi multi guna, selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan untuk sektor pertanian, pariwisata, perhubungan dan sebagainya.

Menurutnya perairan umum ini merupakan salah satu sumber daya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein hewani dari ikan.

“Kegiatan restocking ini adalah langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah populasi ikan dan melakukan pemulihan stock ikan yang ada di Danau Batur,” jelasnya.

Kata Made Gianyar, kegiatan restocking ini juga sudah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bangli secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. Namun demikian perlu juga adanya dukungan dari pihak-pihak terkait dari pihak swasta, pelaku usaha di bidang perikanan maupun masyarakat umum.

“Restocking merupakan salah satu usaha untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dan tujuan lainnya adalah untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang yang nantinya dapat bermuara pada kelestarian lingkungan khususnya Danau Batur,” ujar Made Gianyar. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.