RSD Mangusada Overload Pasien Suspect Covid-19

Petugas medis saat memberikan pelayanan intensif terhadap pasien positif Covid-19. Meningkat kasus Covid-19 mengakibatkan sejumlah rumah sakit mengalami overload, termasuk RSD Mangusada Badung. (ilustrasi)

MANGUPURA | patrolipost.com – Kasus Covid-19 di Bali terus melonjak dan membuat sejumlah rumah sakit dan rumah sakit rujukan di Pulau Dewata overload menangani pasien suspect Covid-19.

Salah satu rumah sakit yang ikut overload menangani pasien suspect Covid-19 adalah RSD Mangusada Badung. Rumah sakit plat merah milik Pemkab Badung ini merawat sebanyak 14 pasien suspcet Corona. Padahal, pihak rumah sakit di Kelurahan Kapal, Mengwi hanya menyiapkan 9 bed. Untuk menyiasati kelebih pasien ini, pihak rumah sakit terpaksa menambah jumlah bed. Namun demikian, ruang isolasi tetap penuh.

Penuhnya ruang isolasi dan bed untuk pasien suspect Covid-19 ini dibenarkan oleh Direktur RSD Mangusada, dr Ketut Japa.

“Kita siapkan awalnya 9 bed, namun pasien suspect hingga hari ini terus bertambah dan mencapai 14 pasien. Jadi kita tambah lagi bed untuk penambahan pasien tersebut,” ungkapnya, Rabu (8/7/2020).

Dijelaskan bahwa di RSD Mangusada ada tiga ruangan untuk menangani pasien suspect Covid-19. Satu ruangan untuk isolasi dan dua ruangan untuk rawat inap.

“Saat ini ke 14 pasien tersebut dalam kondisi membaik,” katanya.

Sebagian besar pasien yang dirawat masih menunggu hasil test swab.

“Mereka masih menunggu hasil lab. Pasien ada yang sudah dirawat selama tiga hari hingga 5 hari dan semuanya masih menunggu hasil lab, karena hasil lab lumayan lama keluarnya,” kata dr Japa.

Di Kabupaten Badung sendiri angka kasus penularan Covid-19 terus bertambah. Data tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Badung, per Selasa (7/7), menunjukan ada tambahan 11 kasus positif di gumi keris. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Badung menjadi 247 orang.

Perinciannya 64 orang PDP, 3 orang ODP, 164 orang OTG, san 16 PMI. Penambahan 11 kasus positif adalah 8 OTG dengan perimcian 1 Kedonganan, 1 Dalung, 4 Darmasaba dan 2 Kerobokan Kaja. Serta 3 PDP dari Kedonganan, Gulingan dan Benoa. Dari 247 orang positif tersebut, total ada 8 orang meninggal dan 99 orang masih dalam perawatan. Sementara yang sembuh total tercatat 140 orang termasuk tambahan dari Sembung, Getasan, Darmasaba, Legian dan Tuban. (634)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.