Peringati HUT ke-74 Pomad, Pomdam IX/Udayana Gelar Donor Darah

Puluhan prajurit TNI dan PNS serta para pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) jajaran Pomdam IX/Udayana menggelar kegiatan donor darah di Aula Mapomdam IX/Udayana, Denpasar, Senin (22/6/2020).

DENPASAR – patrolipost.com – Memperingati HUT ke-74 Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Pomad) Tahun 2020, sejumlah prajurit TNI dan PNS serta para pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) jajaran Pomdam IX/Udayana menggelar kegiatan donor darah di Aula Mapomdam IX/Udayana, Denpasar, Senin (22/6/2020).

Komandan Denpom IX/3 Denpasar Mayor Cpm Yudha Pratama, SH, MM, selaku ketua panitia acara tersebut menjelaskan, kegiatan donor darah yang berlangsung sekitar 4 jam itu diikuti 53 peserta pendonor, yang terdiri dari perwakilan Pomdam IX/Udayana (19 personel), Denpom IX/3 Denpasar (21), Persit KCK (6), dan 7 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bacaan Lainnya

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara medis, hanya 44 orang yang memenuhi syarat untuk bisa donor dan diambil darahnya. Sisanya, 9 orang tidak diperkenankan untuk ikut donor, karena ada yang memiliki tensi tinggi maupun tensi rendah, usai mengonsumsi obat, habis menjalani opname, sedang menstruasi (haid), dan seorang sedang menjalankan tugas,” ujar Dandenpom IX/3 Denpasar, Selasa (23/6/2020)

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga melibatkan 5 petugas PMI masing-masing, dr Andi Kumara, Nengah Widiyana, Kadek Mas Ariyana, Ratna Ningsih, dan Eka Widya. Termasuk 5 relawan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali yaitu, Ketut Pringantara, H Soetjipto, Purwanto, Heri Agung, dan Citra Kartika.

Kegiatan donor darah in merupakan instruksi dari pimpinan Pomad bagi seluruh satuan Pomad di wilayah. “Untuk jajaran Pomdam IX/Udayana dalam periode 6 bulan terakhir, telah dua kali melaksanakan kegiatan donor darah, yaitu pada bulan Februari dan Juni 2020. Kegiatan donor darah ini ternyata banyak memberi manfaat kepada masyarakat, apalagi pada masa pandemi Covid-19,” kata Mayor Yudha Pratama.

Mengingat, ditengah pandemi Covid-19 ini pihak PMI sangat membutuhkan stok darah guna merawat pasien yang memerlukan bantuan transfusi darah. “Selain dapat menolong nyawa orang lain, juga mempunyai banyak manfaat positif bagi si pendonor guna menjaga kesehatan  si pendonor itu sendiri,” jelas Dandenpom. (246)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.