Sat Brimob Semprot Disinfektan Areal Publik Kota Labuan Bajo

Tim Satuan Kompi 4 Brimob Batalyion B Pelopor Labuan Bajo Saat melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Senin, (23/3/2020) (dok/Alf)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Penyebaran virus Covid 19 (Corona) di Indonesia saat ini tengah menjadi perhatian semua pihak. Virus mematikan ini pun ditetapkan sebagai pandemic global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Berbagai pihak saling bekerjasama dalam mencegah penyebaran virus Corona di setiap daerah.

Di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Satuan Kompi 4 Brimob Batalyon B Pelopor Labuan Bajo, Senin (23/3/2020) melakukan aksi pencegahan penyebaran virus Corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan di setiap area publik yang ada.

Bacaan Lainnya

Beberapa area publik yang menjadi sasaran penyemprotan cairan disinfektan ini yakni, Bandar Udara Komodo, tempat pelayanan publik seperti, Kantor Bupati Manggarai Barat, Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, serta Polres Manggarai barat.

Komandan Kompi (Danki) 4 Brimob Batalyon B Pelopor Labuan Bajo, Iptu Raymundus de Jesus kepada awak media mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan berbagai pihak sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kabupaten Manggarai Barat.

“Kegiatan hari ini merupakan bentuk hasil kerjasama dengan berbagai pihak, Salah satunya dengan CV Uci’s. Dan sesuai arahan serta petunjuk dari Bapak Bupati, kita juga sudah melaksanakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Mabar. Bahan-bahan yang kita dapatkan dari Dinas Kesehatan Mabar adalah alkohol, kaporit dan lain lain. Tim penyemprotan sudah melakukan sosialisasi terpusat di Satuan Brimob. Dan mereka sudah melakukan latihan di Korps Brimob Polri untuk melakukan perakitan atau pencampuran obat-obatan yang digunakan dalam penyemprotan ini,” jelas Iptu Raymundus.

Selain area area publik, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di beberapa titik keramaian yakni tempat perbelanjaan, hotel dan restoran. Selain itu, area sekitar Pelabuhan Labuan Bajo juga menjadi konsentrasi utama dalam melakukan penyemprotan cairan disinfektan tersebut.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Satuan Brimob Labuan Bajo bekerjasama dengan CV Uci’s. Bupati Dula pun mengharapkan agar semua pihak dapat melakukan hal yang sama dalam memerangi penyebaran wabah virus Corona tersebut.

Bupati berterimakasih kepada pihak-pihak yang berusaha dengan keterampilan yang ada menciptakan (cairan) disinfektan ini. Dalam situasi saat ini, Pemkab Mabar masih menunggu bantuan dari pemerintah pusat atau provinsi, maupun pihak lain, khususnya untuk Alat Pelindung DIRI (APD) bagi petugas medis.

“Dalam masa penantian ini, kita bersyukur ada pihak yang dengan usaha mandiri mencegah penyebaran virus Corona ini. Ini semua adalah usaha, tindakan preventif dan kuratif dalam mencegah penyebaran virus Corona ini,” ungkap Bupati Dula.

Bupati juga menghimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik, serta jangan menyebarkan informasi yang berasal dari sumber yang tidak akurat.

“Imbauan saya kepada warga Manggarai Barat untuk tidak panik, jangan terlalu berlebihan. Jangan sampai di tengah kondisi panik yang berlebihan tersebut kita salah bertindak atau salah mengambil keputusan,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Dula juga menyampaikan agar warga masyarakat dapat mengikuti semua instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jangan lalai, jangan lengah, tetapi serius dan harus patuh kepada setiap petunjuk yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sebab, semua yang dilakukan pemerintah itu untuk menyelamatkan warga dari virus Corona ini. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.