Dana untuk Paskibraka Bangli Turun Rp 300 Juta

  • Whatsapp
Kabid Pemuda, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Sang Nyoman Ada.

BANGLI | patrolipost.com – Plot anggaran untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 turun dibanding tahun 2019 lalu. Penurun sebesar Rp 300 Juta, yang mana tahun 2019 lalu dana yang digelontorkan sebesar Rp 850 Juta.

Dikonfirmasi terkait penurunan dana Paskibraka, Kabid Pemuda, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Sang Nyoman Ada membenarkan hal tersebut. Pihaknya mengatakan bahwa tahun ini anggaran lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini dianggarkan hanya Rp 550 Juta, sedangkan tahun 2019 lalu anggaran Rp 850 juta.

“Memang terjadi penurunan anggaran  Rp 300 juta. Turunnya anggaran tidak terlepas dari kondisi anggaran daerah,” ungkapnya, Kamis (13/2/2020).

Upaya untuk menyiasati anggaran yang menurun, kata Sang Nyoman Ada, kemungkinan waktu latihan dipangkas. Namun demikian, diupayakan agar kualitas tetap terjaga. “Mungkin waktu latihan dikurangi, kemudian latihan digenjot untuk mengoptimalkan kualitas,” jelasnya.

Kabid asal Desa Bunutin, Kecamatan Bangli ini mengatakan untuk calon Paskibraka yang akan bertugas pada HUT RI ke-75 nanti, masih proses tahap seleksi. Panitia yang teridiri dari Disdikpora, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bangli, Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli sudah mendatangi sekolah-sekolah untuk dilakukan seleksi.

Sang Nyoman Ada menjelaskan, seleksi dilakukan di seluruh kecamatan. Untuk kecamatan Kintamani ada satu sekolah, di Kecamatan Susut ada dua sekolah, Kecamatan Tembuku ada tiga sekolah dan di Kecamatan Bangli ada tujuh sekolah.

“Seleksi sudah dimulai sejak 11 Februari. Siswa yang memenuhi persyaratan maka akan mengikuti seleksi kembali yang dijadwalkan bulan mendatang,” ujarnya.

Di sisi lain, siswa yang diseleksi adalah siswa kelas X. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk perempuan tinggi minimal 165 centimeter, untuk laki-laki minimal 170 centimeter.

“Yang diseleksi siswa kelas X dan mereka nanti hanya bertugas sekali. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ada yang sudah bertugas dan tahun berikutnya kembali bertugas,” tutupnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *