Saluran Sanitasi Mampet, RSU Bangli Terkesan Jorok

Kondisi di areal belakang ruang Mawar di RSUD Bangli, Minggu (25/1/2020).

BANGLI | patrolipost.com – Saluran sanitasi di belakang Ruang Mawar Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli mampet sehingga dipenuhi limbah dan sampah. Keadaan itu memberi kesan rumah sakit milik Pemkab Bangli ini tidak sehat, bau dan jorok.

Pantauan di lokasi,  got  di belakang Ruang Mawar tertutup tanah, sehingga  jika turun hujan  air tidak bisa mengalir dengan lancar. Selain itu pipa saluran pembuangan limbah tidak berfungsi, sehingga limbah yang seharusnya masuk ke dalam septictank justru meluber. Luberan limbah ini menimbulkan bau yang menusuk hidung.

Salah  seorang petugas  yang enggan disebutkan namanya  mengatakan, awalnya kondisi saluran untuk limbah berfungsi dengan bagus. Namun karena kekurangan kesadaran, baik itu pasien maupun penjaga pasien, hingga pipa saluran limbah mampet.

Selanjutnya pihak management RSU melakukan perbaikan dengan cara memotong pipa saluran limbah yang menempel di tembok belakang ruang Mawar dan membuat saluran baru menuju septictank. Rupanya  kondisi septinctank juga bermasalah sehingga limbah tidak bisa mengalir ke dalam bak septictank.

“Karena septictank tidak  berfungsi,  maka  kondisinya seperti saat ini yakni  limbah meluber,” ungkapnya, Minggu (26/1/2020).

Sementara Wadir Penunjang Sarana dan Prasarana RSUD Bangli dr Wayan Pariasta saat dikonfirmasi tidak menampik kalau terjadi permasalahan pada saluran limbah. Untuk mengatasi masalah tersebut  pada tahun ini akan membuat septictank baru.

“Kondisi saat  posisi antara septictank dengan jaringan pipa terlalu datar sehingga tersumbat sedikit saja limbah tidak bisa masuk ke dalam septictank,” ungkapnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.