Kapal Rombongan Wartawan Kepresidenan Tenggelam di Perairan Labuan Bajo

Kondisi Kapal Plataran Phinisi Bali yang memuat sejumlah wartawan Kepresidenan tenggelam di Perairan Pulau Bidadari, Selasa (21/01/2020).

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Sebuah kapal phinisi yang memuat sejumlah wartawan Istana Kepresidenan tenggelam di Perairan Labuan Bajo, tempatnya di Perairan Pulau Bidadari dengan titik kordinat -8°28’36″S 119°51’13″E. Beruntung seluruh wartawan dan ABK dan penumpang lain yang berjumlah 16 orang berhasil diselamatkan.

Kapal KLM Plataran Phinisi Bali, dengan kapasitas GT 32 milik Plataran Resort Labuan Bajo ini tenggelam saat hendak berlayar dari Perairan Pulau Bidadari menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo pada pukul 12.00 Wita.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan kapten kapal Plataran Phinisi Bali, Andy Ahmad, pukul 11.00 Wita kapal KLM Plataran Phinisi Bali yang membawa 9 orang tamu Pers Kepresidenan bertolak dari Dermaga Kayu Plataran Resort Labuan Bajo menuju ke Pulau Bidadari yang berjarak sekitar 0,5 mil untuk melakukan kegiatan pengambilan gambar panorama dengan menggunakan layar kapal.

Di dalam kapal tersebut, total terdapat 16 penumpang, dengan rincian: 1 kapten kapal an Andy Ahmad, 3 ABK/crew kapal (Densi Gau 40 tahun, Muhamad Roni 20 tahun, Muhamad Wahyu 20 tahun), 12 orang tamu (1 orang istri ABK/crew kapal, 1 orang anak ABK/crew kapal, 9 orang tamu waratwan/pers/media Kepresidenan yakni Edho Ferdinazah (38), Anindyka Pribadi (28),  Sri Krismastianti Barumo Suryo Kusumo (28), Agus Rahmat (34), Agus Susilo (39) Deska Nidia Natalia (33) Lisa Ekeham (26), Nita Sari (40), Iwan (40), Jack (guide) umur 41 tahun,  Hasnintang (38), istri ABK, Danis (9), anak ABK.

Pada Pukul 11.30 Wita saat telah tiba di Perairan Bidadari posisi kapal langsung berputar haluan menuju ke arah Labuan Bajo dan kapal terus berlayar. Pukul 12.00 Wita tiba-tiba angin kencang menerpa kapal dimana layar kapal yang sebelumnya digunakan saat berlayar belum sempat diturunkan sehingga kapal langsung terbalik dan terjatuh ke sebelah kiri.

Pada saat itu juga kapten kapal dan crew kapal langsung mengeluarkan life jacket dan life raf untuk digunakan oleh para penumpang. Pukul 12.15 Wita, 3 speed boat milik Plataran menuju ke Perairan Bidadari untuk mengevakuasi seluruh penumpang kapal yang selamat dan langsung dibawa menuju ke Plataran Resort Labuan Bajo.

“Mengetahui kapal Pinisi Bali Pelataran tenggelam maka speed boat kami sebanyak 3 (tiga) unit langsung melakukan evakuasi para penumpang dan kru ABK kapal,  dikarenakan jarak pandang lokasi kejadian dengan hotel itu sangat jelas,” jelas Joshua, Penanggung jawab pihak Pelataran/pemilik Plataran Resort.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Labuan Bajo, Simon Baun, mengimbau pihak Plataran Resort agar mengkoordinasikan setiap pergerakan kapal untuk disampaikan ke pihak Syahbandar. Mengingat pada saat sekarang ini sesuai dengan data BMKG bahwa cuaca menjelang Hari Raya Imlek ini sangat tidak bersahabat.

Sementara itu, semua awak media Kepresidenan dilaporkan selamat telah menuju Bandara Komodo untuk selanjutnya terbang menuju Jakarta. Sedangkan Kapal Plataran Phinisi Bali masih karam di Perairan Bidadari.

Untuk diketahui, kapal phinisi yang tenggelam ini bukan merupakan kapal phinisi yang ditumpangi Presiden Joko Widodo. Saat kejadian naas ini terjadi, Presiden Joko Widodo telah meninggalkan Labuan Bajo menuju Jakarta. (334)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.