Sambut Imlek 2571, Kongco Pura Taman Gandasari Dihiasi Lampion 

Konco Pura Taman Gandasari atau Kwan Kong Bio dihiasi lampion dan ornament warna merah khas Imlek.

DENPASAR | patrolipost.com – Menjelang datangnya Imlek atau tahun baru China 2571 yang jatuh pada Sabtu (25/1/2020) mendatang, tempat ibadah warga Bali keturunan Tionghoa di Denpasar, sudah mulai bersolek.

Salah satunya, Kongco Pura Taman Gandasari atau Kwan Kong Bio telah diramaikan dengan  pernak-pernik ornament serba merah khas Imlek, seperti lampion. Kongco yang terkenal unik akan akulturasi umat Khonghucu dan Hindu di Bali ini terletak di Jalan Gatot Subroto IV Denpasar. Puluhan lampion tampak menghiasi kemegahan Kongco yang terletak di blok XI ujung ini.

Pemangku kerohanian di Konco Pura Taman Gandasari, Made Juliarta mengatakan tidak ada yang istimewa di Konco Pura Taman Gandasari menjelang perayaan Imlek tahun ini. Termasuk segala persiapannya, sama dengan tahun lalu.

“Setiap Imlek persiapannya seperti ini, yang dilakukan tidak banyak. Menghias  dengan lampion, lampu dan pembersihan Konco,” kata Made Juliarto, saat ditemui patrolipost.com di Kongco Pura Taman Gandasari, Senin (20/1/20).

Selain indah, Kongco yang letaknya bersebelahan dengan Pura Ratu Gede Pancung tersebut menciptakan suasana hening, tenteram dan damai. Ornamen patung naga yang indah menghiasi bagian atap Kongco. Dari luar pun tampak jelas interior dalam yang didominasi oleh patung dewa hingga lilin dan tempat dupa.

Juliarta mengatakan, tradisi yang wajib dilakukan adalah pembersihan/memandikan patung dewa yang ada di Kongco tersebut.

“Hanya memandikan patung dewa, yang merupakan ritual wajib setiap setahun sekali. Ada 10 patung dewa berbagai ukuran yang dibersihkan dengan ritual menggunakan segala bunga-bungaan diantaranya sedap malam dan bunga melati,” tuturnya.

Kongco Pura Taman Gandasari atau Kwan Kong Bio merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa-Indonesia, khususnya Taoisme dan agama Buddha. Keindahan arsitektur dan detil bangunan Kongco Pura Taman Gandasari bisa dibilang lebih memukau.

Mangku Juliarto menuturkan bahwa Kongco Pura Taman Gandasari ini boleh dikunjungi berbagai umat untuk beribadah. Persembahyangan tahun baru Imlek kali ini akan dilaksanakan pada Jumat (24/1/2020) mendatang.

“Mungkin kalau di tahun baru Imlek ini kurang lebih100 orang silih berganti yang datang untuk beribadah,” ungkapnya.

Pada puncak Imlek, Sabtu (25/1) akan diadakan penampilan tari-tarian terutama pertunjukan Barongsai yang juga rutin ditampilkan setiap perayaan Imlek. (cr02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.