Saluran Irigasi Alami Pengendapan, PU Segera Lakukan Pengerukan

Petugas mandor melakukan pembersihkan saluran irigasi di wilayah Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, Selasa (7/1).

BANGLI | patrolipost.com – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Bangli segera menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan endapan pada saluran irigasi di wilayah Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, tepatnya di Utara Pasar Yangapi yang mengalami pendangkalan. Untuk sementara petugas Bidang Pengairan Dinas PUPR-Perkim termasuk mandor bendung melakukan pembersihan sampah dan rerumputan yang juga menutup saluran irigasi tersebut secara manual.

Kasi Sumber Daya Air Dinas PUPR-Perkim Bangli, IB Adnyana menjelaskan, pengerukan endapan pada saluran irigasi harus menggunakan bantuan alat berat. Pasalnya, endapan di saluran irigasi tersebut tebalnya mencapai 70 centimeter.

“Harus menggunakan alat berat karena endapan cukup dalam. Jika pembersihan manual maka membutuhkan waktu yang lama,” ujarnya. Seperti diketahui saat ini sudah memasuki musim penghujan bila tidak segera dibersihkan dipastikan setiap turun hujan akan terjadi banjir.

Menurut IB Adnyana, posisi salurun irigasi berada di pinggir jalan utama. Ketika hujan sudah dipastikan jalan raya terendam air. Kondisi ini sudah barang tentu mengganggu pengguna jalan, serta warga yang tempat tinggal di jalur tersebut.

Saluran irigasi yang akan dibersihkan panjangnya sekitar 500 meter. Diakui jika pihaknya masih berkoordinasi dengan penanggungjawab alat berat. “Diupayakan dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan pengerukan. Untuk sementara ini kami baru melakukan pembersihan sampah dan rerumputan yang menutupi saluran irigasi,” jelasnya, usai memimpim kegiatan pembersihan saluran irigasi di Desa Yangapi.

Terkait pengerukan ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak desa, sehingga nantinya bisa bersama-sama turun ke lapangan. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.