Pohon Bertumbangan, Layanan TRC BPBD Tuai Pujian

TRC BPBD Gianyar  mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga, Minggu (5/1/2020).

GIANYAR | patrolipost.com – Dari Sabtu sampai Minggu (4-5/1/2020) puluhan pohon bertumbangan, menyusul guyuran  hujan disertai ingin kencang di wilayah Gianyar. Jajaran Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar pun mendapat acungan jempol warga,  atas pelayanan yang cepat dan profesional.

Namun,   Kepala BPBD Gianyar AA Oka Digjaya,  menegaskan, jajarannya  terus dipacu untuk lebih tangguh lagi, mengingat situasi sekarang baru permulaan musim hujan.

Bacaan Lainnya

Ditemui saat memantau evakuasi pohon blayuir yang menimpa rumah warga di Desa Buruan,  Minggu (5/1) Digjaya menyebut, hujan  yang paling akstrem  pekan ini terjadi pada  hari Sabtu dengan laporan pohon tumbang terbanyak dan kabel PLN terputus. Namun, hujan yang terus menyambung juga masih menimbulkan bencana pohon tumbang hingga Minggu (5/1/2020).

“Hari Minggu ini, kami menerima dua laporan bencana. Pohon tumbang menimpa rumah Bapak Nyoman Sukadana di Desa Buruan, Blahbatuh dan  pohon  bambu tumbang melintagi jalan  di Jembatan Jagaraga, Batuan, Sukawati,” ungkapnya.

Sebelumnya,  Sabtu (4/1/2020) sore, terjadi  pohon tumbang jenis lantoro dan albesia di By Pass Dharmagiri, Buruan. Di Desa Keramas juga tumbang pohon jati menimpa rumah warga yang kerugiannya diperkirakan Rp 15 juta.

Di Jalan Cucukan juga pohon kelapa tumbang menghalangi akses jalan. Di Desa Sayan, Ubud pohon blalu tumbang menimpa sebuah villa yang kerugiannya diperkirakan Rp 10 juta. Pohon bambu juga tumbang di Banjar Pujung, Desa Sebatu Tegalalang dan sempat menutup akses jalan, namun berkat penanganan TRC BPBD Gianyar dan komponen masyarakat, akses jalan kembali lancar.

“Ada delapan kejadian pohon tumbang yang masuk dan mendapat penangan TRC BPBD Gianyar, semuanya tertangani dengan baik,” jelas Oka Digjaya. Sedangkan di beberapa titik terdapat pohon tumbang, namun sudah ditangani warga secara mandiri.

Oka Digjaya menyebutkan TRC BPBD siap 24 jam melayani dan menerima pengaduan bencana. Begitu mendapat laporan TRC langsung ke TKP, asalkan laporannya lengkap, maka di lokasi langsung action. Laporan lengkap yang dimaksud, warga harus melapor jenis bencana dengan baik, apakah pohon tumbang, lonsor atau  bencana apa, sehingga TRC terjun langsung dengan peralatan. Dikatakannya lagi, TRC BPBD Gianyar sudah terlatih melakukan penanganan bencana. (338)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.