Beringin Tumbang Tutup Akses Jalan Desa Tiga

proses evakuasi pohon tumbang di Banjar Buungan.

BANGLI | patrolipost.com – Pohon beringin berdiameter 60 cm di Banjar Buungan, Desa Tiga Kecamatan Susut, Bangli, tumbang pada Kamis (26/12) pukul 08.00 Wita. Pohon beringin tumbang pasca hujan lebat yang melanda wilayah Desa Tiga dan sekitarnya. Meski tak ada korban, namun dahan pohon besar itu menghalangi akses jalan warga.

Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli, Ketut Agus Sutapa, hujan turun memang tidak merata. “Hujan lokal, hanya di sebagian Bangli. Hujan lebat menyebabkan bencana pohon tumbang, disamping faktor usia pohon,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Besar dan kerasnya dahan pohon membuat warga tak mampu mengevakuasi pohon tersebut. Lantas warga meminta bantuan petugas BPBD untuk melakukan evakuasi dengan alat-alat yang memadai.  Maka petugas pun dikerahkan menuju lokasi kejadian.

Menurut Agus Sutapa, akses perekonomian, yakni jalur pertanian dan ke pemukiman warga terhalang. Pohon itu menghadang akses di desa yang digunakan masyarakat untuk mengangkut hasil tani dan mengolah hasil pertanian.

Petugas yang tiba di lokasi langsung memangkas dahan pohon. Pemangkasan yang dimulai pukul 09.00, akhirnya usai sekitar dua jam, atau rampung pukul 11.00 Wita. Namun demikian sebelum melakukan evakuasi terlebih dahulu masyarakat melakukan upacara.

“Sebelum kami memangkas, didahului denngan upacara oleh warga sekitar. Karena yang tumbang pohon beringin,” sebutnya.

Ketut Agus Sutapa pun mengimbau masyarakat waspada akan cuaca ekstrim yang datang tak menentu. “Masyarakat harus hati-hati dan perhatian lingkungan,” tutupnya. (750)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.