Taman Penitipan Anak Negeri Gianyar Diresmikan

taman 22222
Bupati Gianyar, I Made Agus Mahayastra bersama Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Adnyani Mahayastra meresmikan Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar, Jumat (16/9/2022). (kominfo/lns)

GIANYAR | patrolipost.com – Setelah dirampungkannya pembangunan Taman Penitipan Anak (TPA) Negeri Gianyar yang merupakan TPA Negeri satu-satunya di Bali, diresmikan oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny Ida Ayu Adnyani Mahayastra bersama Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Jumat (16/9/2022). Bunda PAUD Ny Surya Adnyani Mahayastra dalam sambutannya mengatakan pentingnya layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Dimana TPA merupakan lembaga sosial guna menunjang keluarga dalam melaksanakan fungsinya untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

“Mengingat pentingnya Taman Penitipan Anak, maka saya sebagai Bunda PAUD Kabupaten Gianyar berkomitmen dan berinovasi, dalam mendukung tumbuh kembang dan pola asuh anak dengan membangun TPA Negeri Gianyar,” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

TPA Negeri Gianyar, didirikan guna untuk terjaminnya tumbuh kembang anak, tersedianya kesempatan bagi anak untuk memperoleh kelengkapan asuhan, perawatan, pembinaan dan pendidikan.

Lebih lanjut, Ny Surya Adnyani Mahayastra menambahkan TPA Negeri Gianyar dibangun dengan luas sekitar 228,1 m2, dengan menggunakan sumber dana dari dana PEN dan APBD Kabupaten Gianyar tahun 2021 sebesar Rp. 2.548.530.520 dengan rincian pembangunan gedung sebesar Rp.1.066.787.500 dan perlengkapan lainnya sebesar Rp. 1.481743.020.

“Taman Penitipan Anak Negeri Gianyar sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti; taman bermain dan belajar, ruang makan, ruang tidur, serta ruang perawatan dan menjadi TPA Negeri satu-satunya dan terbaik di Bali,” ucap Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan perancangan TPA Negeri Gianyar sudah dirancang sejak 2 tahun lalu, dengan tujuan utama agar anak-anak para ASN dan pegawai Pemkab Gianyar yang tidak mempunyai waktu mengasuh anak dan tidak memiliki pengasuh dapat memperoleh kelengkapan asuhan, perawatan, pembinaan dan pendidikan mulai sejak dini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan anak-anak TNI/Polri di Gianyar juga menitipkan anak-anak mereka di TPA Negeri Gianyar ini.

Selain itu, Bupati Mahayastra sangat mengapresiasi kerja keras dari Bunda PAUD bersama Dinas Pendidikan dan stakeholder lainnya yang terlibat hingga Kabupaten Gianyar menyandang predikat Kabupaten Layak Anak.

“Gianyar adalah salah satu kabupaten layak anak sehingga setiap pembangunan dan kebijakan, anak dan lansia tidak boleh diabaikan,” ujar Bupati Mahayastra.

“Saya ingin tidak ada pelecehan terhadap anak, saya ingin tidak ada lagi perseteruan antara guru dengan murid. Karena kabupaten kita sedang berbenah,” tegas Bupati Mahayastra. (kominfo/eka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.