Pilihan Sekolah Diisi Sama, Hambat Proses Pengumuman PPDB SMP Bangli

kasek smp1
Kepala SMPN 1 Bangli, I Wayan Agus Adi Wiguna.  (sam)

BANGLI | patrolipost.com – Pengumuman hasil pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP pada jalur zonasi berlangsung Senin (4/7/2022). Proses pengumuman sempat terhambat karena pengisian data pendaftaran yang kurang tepat.

Kepala SMPN 1 Bangli, I Wayan Agus Adi Wiguna mengatakan untuk proses pendaftaran dilakukan secara online. Para siswa didaftarkan oleh operator di masing-masing SD. Dalam pendaftaran tersebut terdapat pilihan  1, dan  2 maupun zona 3.

Namun dalam pengisian pilihan sekolah 1 dan zona 2 diisi sekolah yang sama. “Pilihan 1 dipilih SMPN 1 Bangli. Kemudian pilihan sekolah ke dua juga diisi SMPN 1 Bangli. Asumsi  tersebut dilakukan agar bisa diterima di sini, namun system jelas menolak,” sebut Kasek asal Banjar /Lingkungan Sidembunut, Cempaga Bangli ini.

Kata Adi Wiguana imbas dari pengisian zona sama, justru menimbulkan persoalan. Yang mana sistem tidak bisa memproses data tersebut. Menurut Wayan Agus, ada puluhan siswa yang pilihan sekolah sama.

Menyikapi hal tersebut  pihaknya langsung melaporkan ke operator di kabupaten. Sehingga bisa langsung ditangani. Walaupun terjadi kendala pengumuman tetap berlangsung sesuai jadwal. “Pengumuman tetap hari ini (Senin) untuk jam disesuaikan dengan hasil rekap. Memang untuk jam pengumuman tidak dipatok,” ujarnya.

Di sisi lain SMPN 1 Bangli memiliki daya tapung 352 orang siswa atau 11 rombel. Dari jumlah tersebut sudah terisi 46 orang yang merupakan hasil pendaftar dari jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orangtua. SMPN 1 Bangli masuk zona Kelurahan Cempaga dan Kelurahan Kawan.

Sementara Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), I Wayan Gede Wirajaya mengatakan untuk pengumuman hasil PPDB direncanakan pukul 12.00 wita. Tetapi karena ada sedikit kendala maka pengumuman diundur beberapa waktu. “Saya dapat laporan, masih ada sedikit persoalan tapi sudah tertangani,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.