Lanal Labuan Bajo Sosialisasikan Pentingnya Keselamatan Berlayar

lanal
Danlanal Labuan Bajo, Letkol (P) Roni bersama anggota saat melakukan sidak di sejumlah kapal wisata di Pelabuhan Labuan Bajo, Jumat (1/6/2022). (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo kembali melakukan operasi rutin pengecekan pada kapal – kapal wisata di Labuan Bajo. Kegiatan inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh Komandan Lanal (Danlanal) Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni bersama jajarannya di Pelabuhan Labuan Bajo, Jumat (1/7) bertujuan mengecek kesiapan kapal dan crew serta kelengkapan alat keselamatan pada kapal yang akan melaksanakan perjalanan wisata.

“Inspeksi mendadak ini dalam rangka imbauan keselamatan pelayaran kepada beberapa kapal pinisi yang melaksanakan perjalanan wisata,” ungkap Letkol Rony.

Bacaan Lainnya

Dalam sidak, Danlanal Labuan Bajo langsung memasuki beberapa kapal. Di hadapan para pemilik kapal dan penumpang, Danlanal Rony menegaskan kepada wisatawan yang akan melaksanakan perjalanan wisata menggunakan kapal pinisi agar tidak segan-segan menegur crew kapal apabila tidak profesional dalam melaksanakan tugas pelayaran.

Dirinya menekankan kepada crew kapal, nahkoda kapal dan seluruh ABK (Anak Buah Kapal) serta guide wisatawan selalu mengutamakan keselamatan wisatawan. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan menurutnya adalah dengan menghubungi instansi terkait jika suatu saat terjadi musibah saat melakukan perjalanan wisata.

“Apabila terjadi kendala di lapangan untuk sesegera mungkin nahkoda kapal menghubungi instansi terkait dalam hal ini TNI AL Labuan Bajo, Basarnas/pos SAR Labuan Bajo dan Pol Airud Labuan Bajo guna ditindaklanjuti agar mengurangi terjadinya kecelakaan di laut,” tegas Letkol Rony. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.