Buka Kejuaraan KKI Gubernur Cup 2022, Koster: KKI Pola Tepat Tingkatkan Prestasi Karate di Bali

kejuaraan kki
Gubernur Bali Wayan Koster saat membuka Kejuaraan Kushinryu M Karate Do Indonesia (KKI) Gubernur Cup 2022 di GOR Lila Buana, Denpasar, Jumat (3/6/2022). (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Kejuaraan Kushinryu M Karate Do Indonesia (KKI) Gubernur Cup 2022 resmi dibuka Gubernur Bali Wayan Koster di GOR Lila Buana, Denpasar, Jumat, 3 Juni 2022. Kompetisi itu diikuti 673 atlet dari kategori usia dini hingga dewasa.

Koster berharap, penyelenggaraan kompetisi itu menjadi acuan bagi kejuaraan olahraga lainnya. Menurut Gubernur, hal itu berkaitan dengan pembangunan sport tourism di Bali dalam mendukung pariwisata olahraga.

Bacaan Lainnya

“Saya melihat apa yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara adalah pola yang tepat untuk meningkatkan prestasi Karate di Bali secara berjenjang,” kata Koster.

Koster menyinggung, UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, mewajibkan setiap penyelenggara event olahraga memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip-prinsip penyelenggaraan olahraga. Kejuaraan olahraga menjadi bagian integral dari upaya pembinaan olahraga. Bahkan penyelenggaraan kejuaraan olahraga merupakan titik kulminasi dari upaya pembinaan secara menyeluruh.

“Mulai dari membangkitkan minat, pemanduan bakat, seleksi dan kompetisi, pembinaan yang berkesinambungan sampai pada pencapaian prestasi puncak,” terang Gubernur.

Menurutnya, momentum transisi pandemi menjadi endemi ini, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, kata Koster tetap diikuti dengan pelaksanaan Protokol Kesehatan yang ketat.

Sementara, Ketua Umum KKI Bali Gede Dana mengharapkan, dalam Kejurda Karate KKI Bali Gubernur Cup Tahun 2022 akan muncul talenta terbaik dari Bali. Dalam PON XX Papua, keterwakilan Bali dalam cabor KKI diwakili oleh dua orang atlet. Keduanya berhasil meraih perunggu.

“Jadi Kami berharap di PON Aceh dan Sumatera mendatang para atlet KKI Bali tidak lagi meraih perunggu tapi medali emas,” kata Gede Dana yang juga Bupati Karangasem ini.

Ketua Panitia Acara, Gusti Made Suryanta Putra mengatakan, Kejurda KKI Gubernur Cup 2022 dimulai sejak 1 Juni-5 Juni 2022.

“Wasit berasal dari Bali, Jawa Barat dan NTB,” kata Suryanta Putra. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.