Hadiri Seminar IKM Bali, Bupati Malaka Simon Nahak Ajak Masyarakat Berkontribusi Memajukan Pariwisata

bupati malaka
Bupati Malaka NTT DR Simon Nahak dalam seminar Ikatan Keluarga Malaka (IKM) Bali bertajuk “Menuju Kabupaten Malaka yang Berbudaya Kerja dan Pelayanan” di Hotel Crystal Kuta, Badung. (ist)

MANGUPURA | patrolipost.com – Hadiri seminar Ikatan Keluarga Malaka (IKM) Bali sekaligus mengunjungi warganya yang berada di Bali, Bupati Malaka NTT DR Simon Nahak SH MH berharap masyarakat Malaka yang tinggal di Bali dapat ikut berkontribusi memberikan kritik dan saran untuk kemajuan pariwisata Malaka. Dimana, Kabupaten Malaka sedang mengalami keterbatasan sumber daya manusia yang memiliki daya saing serta minimnya sarana infrastruktur.

Hal ini disampaikan Bupati Malaka NTT DR Simon Nahak dalam seminar IKM Bali bertajuk “Menuju Kabupaten Malaka yang Berbudaya Kerja dan Pelayanan” di Hotel Crystal Kuta, Badung, Kamis (5/5/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, meskipun Kabupaten Malaka sedang mengalami keterbatasan SDM dan infrastruktur sarana, namun pihaknya tidak akan menyurutkan semangat dalam membenahi Kabupaten Malaka menjadi lebih baik. Melalui seminar tersebut, dia  berharap masyarakat Malaka yang tinggal di Bali dapat ikut berkontribusi untuk memberikan kritik dan saran demi Kabupaten Malaka lebih maju ke depannya.

“Jangan suruh saya aneh-aneh karena saya tidak mau mencuri uang negara, berani untuk kepentingan banyak orang tapi tidak untuk kepentingan diri sendiri,” kata Simon Nahak yang merupakan mantan Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana Universitas Warmadewa Denpasar.

Menurutnya, jika diakronimkan Malaka mengandung arti yakni mari lakukan kebaikan dan kebenaran.

“Hal inilah yang membuat saya berkomitmen untuk membangun Malaka menjadi lebih baik,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Malaka Aloysius Werang mengaku turut hadir ke Bali dan mengikuti seminar untuk mempromosikan pariwisata Malaka. Selain itu, Aloysius Werang menerangkan bahwa Kabupaten Malaka saat ini sedang menjalankan berbagai program, salah satunya program pro rakyat. Dimana, program ini untuk membantu potensi pariwisata yang belum dikelola secara nomaden, peningkatan kapasitas potensi pariwisata daerah, dan penguatan regulasi penguatan Perda.

“Selanjutnya, penguatan promosi pariwisata melalui website Dispar, penguatan kemitraan melalui stackholder pariwisata seperti pers, pelaku usaha, pelaku pariwisata, penguatan implementasi sapta pesona pariwisata, dan penguatan daya dukung,” imbuhnya.

Ketua IKM Bali, Yanuar Nahak SH MM menuturkan tujuan IKM Bali mengundang Bupati Malaka Simon Nahak untuk berdiskusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Malaka. Sedangkan secara menyeluruh total jumlah masyarakat Malaka yang sudah terdata di Bali sebanyak 2.832 orang.

Sehingga pihaknya berharapkan masyarakat dapat memberikan masukan terhadap tanah kelahirannya di Malaka dengan ide-ide dan masukan positif. Terlebih Kabupaten Malaka masih tergolong muda dan memerlukan investasi untuk membangun.

“Jadi melalui seminar ini kami berdiskusi terkait apa yang kami bisa lakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Malaka. Adapun pribahasanya yaitu jangan tanyakan apa yang Malaka bisa berikan kepada Anda, tetapi apa yang bisa Anda berikan kepada Malaka,” tandasnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.