Pesona Danau Wee Wini, Potensi Wisata Alam SBD yang Masih ‘Tidur’

dnau wisata
Pemandangan Danau Wee Wini dengan para perempuan yang mencuci di pinggir danau. (rob)

WEETEBULA | patrolipost.com -Danau Wee Wini terletak di Desa Kalaki Kambe, Kecamatan Wewewa Barat, Sumba Barat Daya. Danau berbentuk hampir bulat tersebut berada di sebuah cekungan, yang membuat air dari mata air di cekungan tersebut terjebak dan membentuk genangan yang cukup luas.

Pantauan patrolipost.com di lokasi, Sabtu (30/4/2022) masyarakat sekitar danau memanfaatkan air Danau Wee Wini untuk kebutuhan. Ada satu bak penampung di tepi danau peserta jaringan pipa untuk alirkan air  untuk masyarakat.  Bak penampung tersebut juga dilengkapi mesin pompa air untuk mengalirkan air dari lembah ke pemukiman penduduk.

Bacaan Lainnya

Terpantau juga masyarakat mencuci dan mandi di pinggir danau. Sementara itu belum ada tanda-tanda danau ini diperhatikan oleh pemerintah setempat. Jalan raya ke arah danau masih jalan pengerasan dan disambung dengan jalan setapak menuju ke tepi danau.

“Rencanannya potensi danau ini akan dikembangkan menjadi tempat pariwisata ke depannya. Selama ini ada wisatawan mancanegara yang datang berfoto, mengukur kedalaman danau dan sekadar menikmati suasana hening di tepi danau,” ungkap seorang ibu bernama Seli yang sedang mencuci di tepi danau.

Sementara itu warga lainnya yang juga sedang mencuci menjelaskan sisi angker danau tersebut. Menurutnya orang baru belum bisa serta-merta mandi dan berenang sebebasnya.

“Bila ditelusuri dari sejarahnya, danau ini cukup angker. Orang baru belum bisa sebebasnya mandi atau berenang atau berbicara dengan kata yang tidak pantas di tempat ini,” jelas Mar, sapaannya.

Pengembangan Danau Wee Wini masih butuh waktu yang cukup lama jika ingin menjadi tempat wisata alam andalan di SBD. Jalan raya yang menghubungkan kampung-kampung di pinggiran Kota Weetebula masih sebatas jalan pengerasan. Geliat pembangunan terkesan berjalan lamban di daerah tersebut. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.