Perumda Bidadari Promosikan Produk Ekraf Labuan Bajo Melalui Blibli.Com

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
perumda bidadari
Geoffrey Lew Dermawan, selaku Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga (kanan) dan Sutanto Werry ST MTech (kiri) selaku Direktur Perumda Bidadari Kabupaten Manggarai Barat, seusai menandatangani MoU Pemberdayaan dan Pemasaran Online Produk UMKM Dan Ekonomi Kreatif (Ekraf). (ist)

LABUAN BAJO | patrolipost.com – Guna meningkatkan kualitas serta memberikan ruang pemasaran bagi produk ekonomi kreatif lokal di Kabupaten Manggarai Barat, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bidadari Kabupaten Manggarai Barat menjalin kesepakatan bersama dengan salah satu situs perdagangan elektronik terbesar di Indonesia yakni Blibli.com.

Kesepakatan ini tertuang dalam Nota Kesepakatan atau MoU (Memorandum of Understanding) Tentang Pemberdayaan dan Pemasaran Online Produk UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Bacaan Lainnya

Bertempat di kantor Blibli com, Senin (29/11/2021), penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Geoffrey Lew Dermawan, selaku Senior Vice President Merchant Sales, Operation and Development PT Global Digital Niaga dan Sutanto Werry  selaku Direktur Perumda Bidadari Kabupaten Manggarai Barat, serta disaksikan oleh Andreas Pramaditya (Vice President of Galeri Indonesia UMKM).

Geoffrey Lew Dermawan menyatakan bahwa MOU bersama Perumda Bidadari dan Blibli.com merupakan langkah strategis untuk mendorong dan membantu para pelaku UMKM di Labuan Bajo agar dapat terjadinya percepatan penetrasi dan pengetahuan konsumen atas produk – produk asli Labuan Bajo.

“Diharapkan kerjasama antara Blibli.com dan Perumda Bidadari, dapat terus berkolaborasi, meningkatkan daya saing, edukasi, dan interest baik dari pelaku usaha dan konsumen. Semoga kolaborasi ini tidak terhenti hanya dari sisi produk, tetapi juga dari sisi pelayanan, ekosistem, dan multi industry,” Ujar Geoffrey.

Sementara itu, Andreas Pramaditya selaku Vice President of Galeri Indonesia Blibli.com mengatakan kerjasama keduanya dalam upaya untuk terus melakukan pembinaan dan mengangkat hasil hasil produksi UMKM dari Labuan Bajo secara khusus dan NTT secara umum, dimana nantinya program kerjasama ini akan meliputi baik dari sisi travel maupun penjualan produk secara online melalui situs Blibli.com, yang akan dimasukan ke dalam Galeri Indonesia Blibli.

“Blibli.com berkomitmen penuh dalam mendukung dan memajukan upaya ini, segala hal yang merupakan bentuk dukungan teknologi juga akan menyertai, sehingga nanti para wisatawan bisa membeli produk produk khas dari Manggarai Barat dengan system click and collect yang bisa diantar ke hotel dimana mereka menginap, atau diambil di airport saat kepulangan. Kerjasama kedua belah pihak ini diharapkan akan memajukan industri UMKM dan pariwisata di Labuan Bajo, tentunya masih banyak lagi hal baik yang akan dikerjasamakan di kemudian hari,” tuturnya.

Direktur Perumda Bidadari Sutanto Werry mengatakan bahwa kesepakatan ini merupakan langkah konkret mewujudkan Visi Misi Bupati Manggarai Barat dalam Mengembangkan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Lokal.

“Arahan Bapak Bupati Manggarai Barat kepada Perumda Bidadari adalah untuk meningkatkan serta memaksimalkan pemasaran produk Ekraf dan UMKM  secara offline/online secara nasional bahkan intenasional,” ujarnya.

Werry menjelaskan adapun ruang lingkup dari kesepakatan ini meliputi pemasaran produk Ekraf dan usaha kecil dan menengah  di Kabupaten Manggarai Barat secara online serta melakukan pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif di daerah Labuan Bajo.

Terkait skema pemilihan produk ekraf yang akan dipasarkan di Blibli.com, lebih jauh Werry menjelaskan adapun produk produk ekonomi lokal yang ada akan mendapatkan kesempatan yang sama, baik dalam hal pemberdayaan hingga pemasaran. Namun Werry menyampaikan produk ekraf tersebut haruslah tentu mengantongi dokumen perizinan terlebih dahulu.

“Tentulah produk yang telah mengantongi dokumen perizinan. (Nantinya) Semua produk punya kesempatan yang sama, untuk kurasinya kita dibantu oleh tim Blibli.com yang sudah paham terhadap demand market,” jelasnya.

Werry menyebutkan hingga saat ini total kurang lebih terdapat 40 -an jenis produk ekraf yang telah memenuhi persyaratan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang telah terdata di Perumda Bidadari. Untuk itu ia mengajak pelaku UMKM lainnya untuk segera mengurus proses izin PIRT pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Manggarai Barat dan selanjutnya mendaftarkan produk ekraf yang dimiliki kepada Perumda Bidadari.

“Perumda berharap para pelaku UMKM mendaftarkan produknya ke kami agar bisa masuk dalam e-catalog produk UMKM pemda Mabar dan dijual secara online,” ucap Werry.

Sementara itu di tempat terpisah, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan nota kesepakatan yang dibuat oleh Perumda Bidadari bersama Blibli.com merupakan salah satu cara untuk mendekatkan produk-produk hasil karya orang lokal kepada para wisatawan.

“Lewat digital marketing, produk-produk UMKM di Manggarai Barat akan semakin mudah diakses dan bahkan bisa langsung dibeli. Langkah ini adalah salah satu langkah strategis pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi daerah berbasis ekonomi lokal lewat Perusahaan Umum Daerah,” ujar Bupati Edi. (334)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *