Buka Webinar Nasional DBON 2021, Atal Depari: Desain Besar Olahraga Harus Disupport oleh Wartawan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bukan dbon
Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari saat meresmikan webinar nasional Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021 di Grand Inna Bali Beach Hotel Sanur (30/11/2021). (maha)

DENPASAR | patrolipost.com – SIWO PWI bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyelenggarakan webinar nasional Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021. Acara yang diikuti oleh 64 wartawan dari 92 peserta ini dibuka Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari, di Grand Inna Bali Beach Hotel Sanur. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada 30 November hingga 1 Desember 2021.

Atal mengatakan, SIWO PWI memiliki peran besar dalam pengembangan olahraga secara nasional. Peran itu terlihat dalam bentuk tulisan. Terlebih lagi, menurut Atal, tahun ini pemerintah memberikan apreasiasi cukup besar dalam mendukung pengembangan keolahragaan di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Desain besar olahraga Indonesia harus disupport oleh wartawan. SIWO adalah bagian dari PWI yang menjadi anggota fungsional KONI di manapun, di setiap daerah di Indonesia,” kata Atal S Depari.

Atal juga menyinggung tentang tugas wartawan olahraga di era digital saat ini. Ia mengritisi pekerjaan yang ada cenderung dilakukan berbasis pada mesin atau robot. Sedangkan, sebelum era digitalisasi, wartawan olahraga sering terlibat hingga memiliki hubungan baik dengan para atlet.

Wartawan olahraga, dalam pandangan Atal, memiliki keistimewaan tersendiri. Spesialisasi itu terlihat dari proses peliputan sebuah pertandingan olahraga dari awal hingga akhir. Wartawan, kata Atal, merekam jalannya pertandingan untuk menghasilkan tulisan dalam karya jurnalistik mereka.

“Sekarang di era digital kebutuhan terlalu cepat, dulu wartawan olahraga sangat dikenal oleh atlet, tapi di era sekarang ini, hubungan agak mulai pudar. Wartawan sekarang meliput di balik meja (WFH), tidak terlibat langsung dalam proses pertandingan,” kata Atal.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua SIWO PWI Bali Joko Purnomo mengatakan, seminar nasional yang diselenggarakan secara hybrid ini rencananya digelar hanya sehari. Namun ada perubahan agenda sehingga dilaksanakan selama 2 hari, 30 November hingga 1 Desember 2021. Kehadiran secara offline diikuti sebanyak 92 peserta.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menggaungkan desain besar olahraga nasional melalui pemberitaan wartawan olahraga di Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI),” kata Joko Purnomo.

Webinar diselenggarakan dengan Protokol Kesehatan cukup ketat. Panitia dan peserta wajib mengikuti RT-PCR dengan hasil negatif. Selain itu, kegiatan juga telah mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 Provinsi Bali. (pp03)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *