Kebakaran, Sejumlah Lapak di Pasar Kidul Bangli Ludes

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
upaya pemadaman kebakaran di lantai dua blok utara pasar kidul, di kelurahan kawan, kecamatan bangli
Upaya pemadaman kebakaran di lantai dua blok utara Pasar Kidul, di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Kebakaran hebat melanda Pasar Kidul Bangli, Jumat (12/11/2021) sekira pukul 16.30 Wita. Kebakaran tersebut menyebabkan sejumlah lapak di lantai dua blok utara ludes. Sementara pihak kepolisian telah melakukan olah TKP. Namun demikian belum diketahui secara pasti penyebab  kebakaran.

Sementara  upaya pemadaman Damkar Bangli menerjunkan satu unit mobil pemadam dan mobil tangki air. Disamping itu datang pula bantuan  dari Pemadam Kebakaran  Kabupaten Gianyar dan Klungkung. Informasi yang terhimpun, kebakaran terjadi di dua titik yang menyebabkan 9 buah lapak dan 1 kios terbakar. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. 

Menurut salah seorang saksi, Dewa Maharta saat kejadian dirinya kebetulan berada di salah satu ruko di Pasar Kidul. Kemudian ada yang berteriak api…api, kebakaran!

“Saya lihat api di lantai dua. Bukan hanya kepulan asap, tapi api sudah terlihat cukup besar,” ungkapnya. 

Dewa Maharta yang tidak ada kontak pemadam kebakaran, langsung mendatangi  kantor pemadam. “Karena saya tidak ada nomor telepon maka saya langsung ke kantornya. Petugas kemudian langsung ke lokasi,” sebutnya. 

Beruntung petugas Damkar cepat melakukan penanganan sehingga kobaran api cepat padam. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit. 

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta langsung meninjau lokasi kebakaran. Bupati Sedana Arta mengatakan, ada dua titik api di lantai dua blok Utara. Dengan kesigapan petugas pemadam kebakaran api berhasil dipadamkan.

“Berkat kesigapan tim Damkar termasuk bantuan petugas Damkar dari kabupaten tetangga sehingga api bisa dipadamkan,” ungkapnya. 

Terkait kerugian, Bupati Sedana Arta menyampaikan belum dihitung secara detail.

“Kerugian masih dihitung, ada beberapa pedagang yang jadi korban. Untuk bangunan sendiri kerusakan tidak terlalu besar,” ujarnya. 

Pasar Kidul Bangli sudah beberapa kali terbakar, terkait hal tersebut bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut Bangli ini akan melakukan evaluasi. Nantikan akan dilakukan rapat serta dilakukan peninjauan bangunan Pasar secara utuh.

“Kami akan rapatkan dengan tim, untuk dilakukan  peninjauan secara total,” jelasnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli, I Wayan Gunawan mengatakan, dari hasil pendataan sebanyak 9 lapak pedagang terbakar dan 1 ruko alami kerusakan. Karena kasus kebakaran kerap terjadi maka pihaknya akan melakukan evaluasi sehinga hal-hal yang dapat memicu kebakaran dapat diminimalisir. 

Sementara itu Waka Polres Bangli, Kompol I Wayan Suka mengatakan dalam peristiwa kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Begitu berhasil dipadamkan, petugas Kepolisian langsung melakukan olah TKP. Sejumlah barang bukti diamankan oleh petugas. Meski demikian Kompol Suka belum dapat memastikan  pemicu kebakaran tersebut.

“Kami belum bisa pastikan. Bila hasil pemeriksaan sudah rampung pasti kami akan sampaikan,” ujarnya. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *