Pemerintah-Gereja Bersinergi Hadirkan Pilkades Damai di Manggarai

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
pilkades manggarai
Para calon Kades mendapat pemberkatan oleh Pastor di Gereja Paroki St Klaus Kuwu. (ist)

RUTENG | patrolipost.com – Situasi panas di tengah kehidupan masyarakat berkaitan gelaran Pilkades serentak dalam beberapa waktu ke depan mendapat perhatian gereja. Masyarakat dikhawatirkan terbelah berdasarkan kubu dukungan kepada calon Kepala Desa (Kades) sehingga rentan memantik konflik horozontal dalam kehidupan ke depannya.

Demi menurunkan suhu politik yang semakin panas dan mengantisipasi terjadinya konflik di tengah umat sebagai dampak pemilihan kepala desa, Paroki St Klaus Kuwu, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, menggelar rekoleksi dan misa perutusan serta mengikrarkan Pilkades Damai, Senin (8/11/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir saat rekoleksi dan misa khusus itu para calon kepala desa, para panitia Pilkades, perangkat desa, dan BPD, serta PLT Camat Ruteng Lodovitus D Moa, Babinkamtibmas, Lukman dan umat lainnya.

Lima desa di wilayah Paroki St Klaus Kuwu akan melaksanakan Pilkades pada Kamis (11/11/2021) mendatang. Kelima desa itu antara lain Desa Bea Kakor dua calon bertarung, Desa Kakor 4 calon bertarung, Desa Benteng Kuwu 2 calon bertarung, Desa Poco Likang 2 calon bersaing dan Desa Compang Namut 3 calon bersaing.

Dalam rekoleksi dan misa yang dipimpin oleh Romo Ompy Latu, Pr para calon dan puluhan umat yang hadir nampak tekun menyimak materi.

“Para calon kepala desa hendaknya menjauhi dendam dan permusuhan. Anda terpilih ataupun tidak terpilih merupakan rencana dan kehendak Tuhan,” tegasnya.

Romo Gabriel Harim, Pr Pastor Kepala Paroki St Klaus Kuwu mengingatkan, dirinya tidak ingin mendengar umatnya terpecah belah dan tercerai berai gara-gara perbedaan pilihan saat Pilkades.

“Kita semua saudara. Jalankan pesta demokrasi ini dengan aman, damai, tenang dan tenteram,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Plt Camat Ruteng, Lodovitus D Moa. Kolaborasi antara gereja dan pemerintah sangat diperlukan. Sehingga suasana di tengah umat tenteram dan damai.

Para calon direciki dengan air berkat dan didoakan secara khusus oleh tiga imam, yakni Romo Ompy Latu Pr, Romo Rian Tagung Pr dan Romo Gabriel Harim Pr.

Usai diberkati mereka membacakan ikrar Pilkades Damai yang dipandu oleh PLT  Camat Ruteng. (pp04)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *