ST Pamuke Banjar Kedaton Gelar Lomba Kendang Reong Berpasangan

lomba walikota
lomba walikota

DENPASAR | patrolipost.com – Sekaa Teruna (ST) Pamuke Banjar Kedaton, Sumerta Kelod menggelar lomba Kendang Reong berpasangan bertajuk “Gerakkan Semangat Sumpah Pemuda untuk Melestarikan Seni Budaya Bali” di Balai Banjar Kedaton, Kamis (28/10/2021). Lomba ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-93.

Pegelaran lomba tersebut, secara langsung dihadiri dan dibuka Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Ptl Kadis Kebudayaan AA Gde Risnawan, Camat Dentim I Wayan Herman dan asisten beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Jaya Negara mengungkapkan pandemi tidak menjadi penghalang geliat kreasi muda dan semangatnya berkreativitas, dalam melestarikan seni budaya melalui berbagai kegiatan seperti lomba Kendang Reong berpasangan ini harus tetap berkibar.

“Karena ditangan merekalah (generasi muda) keberlangsungan seni budaya ini akan tetap hidup dan diteruskan hingga nanti,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia Acara, Vicky Kulawangsa Sukarta menjelaskan lomba Mekendang Reong berpasangan ini diikuti sebanyak 9 peserta. Kegiatan lomba ini juga dibuka untuk umum serta pelaksanaannya digelar selama satu hari.

“Nanti akan dicari Juara 1, 2, dan 3 untuk lomba makendang dan Juara 1, 2 dan 3 untuk lomba Reong dan sang juara akan mendapatkan piagam penghargaan Walikota Denpasar dan piala dari Panitia,” sebutnya.

Pihaknya menyatakan materi dalam lomba adalah Pengipuk atau bagian terakhir dari tari Teruna Jaya.

“Harapan kami di tengah situasi pandemi dan bertepatan dengan momen hari Sumpah Pemuda menjadi momen kebangkitan anak muda Kota Denpasar melestarikan budaya Bali,” tandasnya. (030)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.