Ny Sagung Antari Kukuhkan 3 Bunda PAUD Kecamatan dan 43 Bunda PAUD Desa/Kelurahan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
bunda paud
Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kota Denpasar. (ist)

DENPASAR | patrolipost.com – Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kota Denpasar ditandai dengan menyelempangkan kain selempang dan penyematan pin Bunda PAUD di Ruang Praja Kantor Walikota Denpasar Senin (25/10/2021). Ada 3 Bunda PAUD Kecamatan dan 43 Bunda PAUD Desa/Kelurahan se- Kota Denpasar yang dikukuhkan.

Acara ini juga dihadiri Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa beserta istri Ny Antari Jaya Negara dan Ketua GOPTKI Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Walikota Denpasar Jaya Negara mengatakan, pendidikan anak usia dini sangat penting bagi perkembangan anak balita. Terutama dalam pengembangan kemampuan belajar, sosial, pemantauan kesehatan, dan pengembangan karakter serta semua aspek pertumbuhan tersebut bisa dipantau dan berkembang melalui pendidikan anak usia dini.

Jaya Negara menerangkan kokoh atau rapuhnya perkembangan otak anak sangat bergantung kepada semua hal yang dialaminya di usia dini.  Semua manfaat PAUD bagi perkembangan anak usia dini tidak boleh hilang karena pandemi Covid-19.

“Di sinilah pentingnya bunda PAUD dalam menyosialisasikan peran orangtua dalam berkomunikasi dengan para guru untuk memastikan aktivitas belajar mengajar bagi anak usia dini tetap berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak,” kata Jaya Negara.

Mengingat saat ini, Kota Denpasar sudah turun level menjadi level 2 yang artinya masuk kategori zona  kuning. Hal ini memberikan angin segar bagi perkembangan layanan PAUD.

Lebih lanjut, Jaya Negara menjelaskan Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Selain itu,  keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayah masing-masing.

Sehingga Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD.

“Dalam mendorong layanan PAUD yang berkualitas, Bunda PAUD diharapkan dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat, agar penyediaan layanan paud menjadi optimal,” terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara mengungkapkan tujuan dari pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan ini agar dapat menciptakan suatu benang merah dari komitmen nasional untuk memberikan jaminan dan kepastian layanan anak usia dini yang berkualitas.

Bahkan Bunda PAUD yang dipandang memiliki peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar siap dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang cerdas dan sehat.  Dalam menjalankan peran tersebut, agar seluruh Bunda PAUD dapat membentuk dan memberdayakan Pokja Bunda PAUD secara berjenjang.

“Melalui Pokja Bunda PAUD yang dibentuk tersebut diharapkan dapat mendorong pelaksanaan PAUD berkualitas di seluruh lembaga PAUD yang ada,” harap Sagung Antari Jaya Negara.

Mengingat kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD di masing-masing jenjang adalah organisasi yang mendukung pelaksanaan tugas dan peran Bunda PAUD dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas di Kota Denpasar.

“Untuk itu Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD,” tambahnya. (030)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *