Lewat Ziarah Wisata, Dinsos Bangli Tanamkan Semangat Kepahlawanan kepada Siswa

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
ziarah wisata
Para siswa saat melakukan tabur bunga Taman Makam Pahlawan Penglipuran Kelurahan Kubu Bangli. (ist)

BANGLI | patrolipost.com – Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti ziarah wisata di Taman Makam Pahlawan (TMP) Penglipuran Kelurahan Kubu Bangli, Senin (25/10/2021). Tujuan program ziarah wisata untuk menanamkan semangat kepahlawanan dalam diri siswa.

Kabid Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Ida Ayu Ketut Anggreni mengatakan ziarah wisata merupakan salah satu program untuk memberikan edukasi kepada siswa baik SD maupun SMP terkait perjuangan para pahlawan.

Bacaan Lainnya

Tentu semangat para pahlawan agar bisa ditiru para generasi muda.

“Tujuannya untuk menanamkan nilai kepahlawanan. Semangat para pahlawan terdahulu juga bisa diimplementasikan siswa dalam keseharian. Semisal siswa semangat belajar dan berhasil meraih cita-cita demi kemajuan bangsa,” sebutnya.

Program ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan menyasar seluruh kabupaten. Namun pada tahun 2020 lalu program tidak berjalan karena situasi pandemi. Kemudian tahun ini bisa terselenggara kembali namun tetap dengan penerapan Protokol Kesehatan.

“Pelaksanaan tahun kemarin ditunda. Situasi tidak memungkinkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bangli I Wayan Karmawan mengatakan, ziarah wisata merupakan program dari Pemerintah Provinsi, kemudian di kabupaten mendukung pelaksanaannya. Kali ini siswa yang terlibat siswa SDN 2 Kubu dan siswa SMPN 2 Bangli. Dalam pelaksanaan hadir pula Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bangli, AA Gde Bagus Ardana.

Menurut Wayan Karamawan, program ini salah satu media  untuk menyampaikan atau menyosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda.

“Mudah-mudahan dengan ini semangat pejuang bisa dilanjutkan generasi muda. Harapnya generasi muda bisa mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan,” sebutnya.

Sementara itu, di Kabupaten Bangli ada pula program Napak Tilas, ada pula cerdas cermat untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai kepahlawanan. (750)

Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *