Lewat Lagu, Byantara Ajak “Bermain dan Belajar”

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
1634815262474 (1)
Byantara (tengah) diapit Angga (kiri) dan Nyoman Mangku.
DENPASAR | patrolipost.com – Seiring dengan mulai diberlakukan sistem pembelajaran tatap muka (PTM), siswa SDN 2 Sading, Kabupaten Badung, I Gede Byantara Pradipta Ananta, lewat alunan lagu dari siswa yang akrab dipanggil Byan ini mengajak teman-teman sebayanya untuk “Bermain dan Belajar”.
Lagu dan video klip perdana berjudul “Bermain dan Belajar” ini dirilis penyanyi cilik Bali Byan bertepatan dengan Purnama pada Rabu (20/10). “Perasaan saya sangat senang sekali bisa menyanyikan lagu ini menandai saat dimulainya kegiatan PTM di sekolah,” kata Byan, yang mengaku mampu menghafal lirik dan menyanyikan lagu ini hanya dalam kurun waktu relatif singkat sekitar 5 jam.
Putra pasangan Made Krisnayudha dan Nyoman Wahyuni Sudewi ini memang sejak kecil suka bernyanyi. Bahkan, Byan yang mengaku lahir pada 29 September 2009 lalu juga memiliki hobi bermain bola.
Single pertama Byan yang semua liriknya berbahasa Indonesia ini diciptakan oleh kakak sepupunya, Angga Regina dalam waktu hanya beberapa jam. “Sejak lama saya perhatikan Byantara mempunyai bakat menyanyi dan memang sejak kecil Byan suka bernyanyi, juga memiliki kualitas dan warna vokal yang lumayan bagus,” ujar Angga Regina.
Sehingga kata Angga Regina, hanya memerlukan waktu singkat dan seolah tidak menemukan kesulitan saat menyodorkan materi lagu ciptaannya ini untuk dapat dinyanyikan Byan. Bahkan saat menuntaskan sesi latihan vokal dan rekaman, Byan pun tampak sudah sangat menguasai dan mampu menyanyikan lagu tersebut dengan sangat baik.
“Untuk menciptakan lagu ini, berikut menyusun dan merangkai kata juga kalimat dalam single Byan yang pertama ini, saya terinspirasi situasi dan kondisi sistem belajar di sekolah saat pandemi Covid-19, yang membuat semua aktivitas belajar dilakukan di rumah selama hampir dua tahun terakhir,” kata Angga Regina.
Pada tahap awal ini, Angga Regina memang sengaja membuat lirik lagu “Bermain dan Belajar” ini dalam bahasa Indonesia, karena selain mudah dimengerti dan dipahami serta gampang dihafalkan oleh para pendengarnya, hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan Byantara dalam menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia, dibandingkan mendendangkan tembang berbahasa Bali. Namun, kedepan Angga Regina berencana untuk membuat dan menciptakan lagu yang cocok dinyanyikan Byantara dalam versi bahasa Bali.
Angga Regina menambahkan, lagu “Bermain dan Belajar” ini sebenarnya diciptakan dan sudah jadi pada awal tahun 2021 lalu, namun baru dirlis pada bulan Oktober ini yang secara kebetulan menandai mulai diberlakukan sistem PTM di sejumlah sekolah. “Semoga dengan dirilis lagu ini bisa menghibur dan menambah koleksi lagu anak-anak di Bali, apalagi saat ini jumlahnya sangat minim.
Penata musik Nyoman Mangku Dwarsa Sentosa pun merasa sangan enjoy ketika menggarap lagu “Bermain dan Belajar” dengan konsep musik kategori pop, tapi menghadirkan sound kekinian. “Prosesnya penggarapan rekaman sangat singkat, cuma sekitar satu jam,” katanya.
Sang Bunda Byantara, Nyoman Wahyuni Sudewi turut menyambut gembira sukses launching lagu perdana anaknya tersebut. Menurutnya, prestasi Byantara di sekolah juga sangat baik.(jok)
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *